KDE Connect: Integrasi Hape & Kubuntu

Sekedar ingin share bagi kalian yang (mungkin) ada yang belum tahu tentang KDE Connect. Selama hampir 2 tahun terakhir ini sepertinya bisa dikatakan saya mulai menyukai KDE, khususnya pada distro Kubuntu yang sudah terpasang pada laptop kantor beserta dengan laptop rumah. Mulai dari stabilitas dan fasilitas yang ditawarkan, bisa dikatakan overall cukup bagus untuk kebutuhan saya pribadi.

Namun ada fitur menarik yang saya suka, yaitu KDE Connect. Pada umumnya aplikasi ini menawarkan sinkronisasi antara laptop kita dengan hape. Jika kita membicarakan sinkronisasi, maka kebanyakan orang akan berpikir tentang sync file saja. Namun tidak demikian, nyatanya ada banyak fitur menarik yang (mungkin) bisa teman-teman coba.

Alasan Kubuntu

Secara singkat, saya suka menggunakan Ubuntu. Hal ini karena pengembangannya yang sangat cepat dan saya suka seleranya, disamping itu juga komunitas dari Ubuntu sendiri cenderung lebih ramai daripada distro lainnya seperti Centos. Mungkin karena Ubuntu lebih mengarah ke desktop experience ya? Jadi jika ada error atau bug, tidak perlu repot-repot. Hanya tinggal cari arsip dan solvingnya di komunitas.

Alasan Menggunakan KDE Connect

Pada awalnya saya sangat malas jika harus menggunakan kabel kalau sekedar untuk melakukan copy lagu dari hasil downloadan ke hape. Namun beberapa minggu lalu saya mencoba fitur KDE Connect yang disarankan oleh beberapa rekan forum, dan ternyata melebihi ekspektasi saya.

Selain simpel dan tidak ribet (gak pake kabel) saya hanya perlu menggunakan wifi yang tersambung dengan 1 jaringan yang sama saja. Kemudian sisanya hanya tinggal set permission pada hape saya saja. Tidak usah khawatir, karena ada user interface yang membantu kamu untuk melakukannya.

Install KDE Connect Laptop

Pada dasarnya KDE Connect pada laptop sudah terpasang secara default. Jadi tidak perlu di utak atik lagi.

Install KDE Connect Hape

Untuk bagian ini, kamu harus install KDE Connect melalui playstore (Android). Tinggal search saja dan masukkan kata “KDE Connect” dan selesai.

Proses Pairing

Setelah itu kita buka aplikasi KDE Connect pada laptop dan kemudian lakukan search untuk mendeteksi hape di sekitar kita. Kita bisa gunakan refresh untuk mengulangi tiap 2-3 detik jika masih belum ketemu.

Setelah device hape ditemukan, biasanya ada nama hape pada sisi kiri aplikasi KDE Connect tersebut. Kemudian kita lanjutkan dengan klik Pair. Proses pairing adalah proses autentikasi yang hanya dilakukan pertama kali saja, sebelum hape dan laptop kita sinkron.

Setelah di klik Pair, kita kembali ke hape dan setujui request pairing yang datangnya dari laptop kita. Tidak lama kemudian hape kita sudah sinkronisasi dengan laptop.

Allow Permission

Langkah selanjutnya adalah memperbolehkan fungsi apa saja yang bisa kita sinkronisasikan ke laptop kita. Dalam hal ini kita harus cek ke hape kita dan ke menu KDE Connect, lalu aktifkan fitur yang diinginkan.

Karena tiap hape berbeda interfacenya, misalkan saya hanya butuh file manager dan sinkronisasi notifikasi hape saja. Berarti saya harus cari fitur yang serupa dengan kemauan saya kemudian tap, lalu perbolehkan izinnya.

Untuk fitur file manager ke hape, caranya juga mudah. Setelah fitur file manager sudah diaktifkan, kita harus set mounting point dari hape. Biasanya kamu klik tambahkan (titik 3) lalu pastikan kamu browse mounting system hape kamu dan namai mounting point alias yang nantinya akan dibaca pada hape. Setelah itu setelah kamu membuka Dolphin folder browser, di sebelah kiri akan tertera nama hape kamu dan mounting system sudah tertera. Tinggal kita akses saja.

Mudah dan efisian kan? Semoga membantu. Masih ada banyak fitur yang ada, kamu bisa coba satu persatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *