Ragnarok GRAVINDO Tutup Layanan

Setelah mendengar berita tutupnya RO Gravindo di facebooknya, jujur saya termenung diam begitu saja. Karena, saat hype Gravindo pertama kali dibuka, dari jumpa langsung dengan CEO Gravindo dan beberapa timnya di daerah dekat Binus, Jakarta Barat, membuahkan banyak kesepakatan antara calon player (player baru dan player lama dari Lyto) tentang kasus bot dan kebijakan lainnya yang dirasa merugikan player.

gnjoy publisher

Saya juga orang yang datang pada gathering Gravindo sebelum aksi perdananya di Indonesia (pasca perpindahan lisensi dari Lyto Game) dan ikut melihat dan membahas keluh kesah para player yang selama ini melanda dan dirasa sepertinya akut sekali untuk di cegah atau dimusnahkan begitu.

Tapi sayang, kesuksesan Gravindo tidak seindah Lyto Game yang mampu bertahan belasan tahun. Kabarnya, Gravindo akan mentransfer ke pihak lisensi yang baru, yaitu Gravity Game Link. Menurut berita yang diberikan oleh pihak Gravindo, mereka menjamin semua ID dan karakter yang ada pada server Gravindo server ROR (Renewal) nantinya akan tetap bisa dimainkan di Gravity Game Link. Namun data yang tidak akan di transfer sebagai berikut : RO Cash, Pemegang tenggah Premium User, Kepemilikan kastil.

Jadwal Penutupan Sementara Layanan server ROR Gravindo akan dilakukan pada : Rabu, 12 Juni 2019 Pukul 10.00 WIB.

Gravity Game Link Punya Siapa?

Setelah muter-muter ke google, akhirnya menemukan referensi dari Gravity Game Link. Sebenarnya manajementnya milik siapa ya? Saya mencoba memberikan pencerahan sedikit untuk teman-teman. Mungkin ada yang penasaran. Apakah manajement yang sama, atau berbeda atau orangnya sama saja?

Dikutip dari investor.id, perusahaan Gravity Game Link adalah perusahaan bentukan baru dimana adalah kolaborasi antara developer game Ragnarok Online asal Korea Selatan dengan publisher Lytogame.

Jadi, secara garis besar Gravity Game Link adalah perusahaan bentukan Gravity Korea Selatan, namun berafiliasi dengan Lytogame (eks publisher game Ragnarok sebelum Gravindo). Berarti di bawah management yang sama, dengan afiliasi yang sama juga. Bedanya, konten game mungkin akan sedikit berbeda. Tapi ini belum di konfirmasi konten seperti apa, apakah ada modifikasi atau tetap mengikuti konten asli yang ada di Korea Selatan.

Kesimpulan

Buat kamu yang berharap dengan adanya Gravity Game Link agar bisa menumpas para botter, sepertinya jangan terlalu berharap tinggi. Karena afiliasinya masih tetap sama seperti dulu, yaitu Lytogame. Namun kita harapkan dengan adanya perusahaan baru ini managementnya dan talenta staffnya tetap bersemangat dan terus bersemangat.

Sebagai tambahan bagi teman-teman yang sudah membaca artikel di atas, mungkin bisa membaca artikel Dibalik layar GM ini, agar lebih memahami cara kerja GM (Game Master) seperti apa dan mengapa cheater khususnya di Indonesia cenderung dominan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *