Cara Ampuh Mematikan Win10 Update

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mematikan Windows 10 Update secara ampuh. Karena di laptop saya sendiri dengan cara ‘tradisional’ sudah tidak ampuh lagi. Nyatanya, setelah dimatikan dengan cara ‘tradisional’ ini, proses Windows Update akan memaksa untuk menyala kembali. Oleh karena itu harus diakali sedikit. Setelah mencari ke mbah google beberapa menit, akhirnya ketemu caranya.

windows update screen

Windows Update sebenarnya adalah komponen yang sangat penting yang ada pada sistem operasi Windows kita. Dengan melakukan Windows Update secara berkala, otomatis meminimalisir sistem operasi kita terkena dari yang namanya virus, malware, dan beberapa serangan lainnya yang ada ketika di internet maupun malware pada yang tidak ada di internet.

Tapi lain ceritanya, kalau saat ini kalian sedang berada di luar sana misalnya liburan dan tidak ada konektivitas wifi. Hanya ada ponsel anda serta paket internet yang pas untuk nge-NET seharian atau cuma pas untuk update blog, status fb, dan pasang instagram aja. Namun kamu pengen banget untuk pake laptop untuk keperluan darurat. Otomatis untuk kebaikan, kita harus mematikan Windows Update sementara terlebih dahulu agar quota internet tidak tersedot.

Sayangnya setelah update bulan Agustus 2018, kita tidak bisa hanya begitu saja mematikan Windows Update. Mekanisme sistem kini diperkuat dengan cara memaksa proses tersebut menyala kembali, walaupun kita sebagai Administrator sudah mematikannya lewat control panel. Alhasil, ketika kamu sudah matikan lewat control panel, Windows Update akan menyala terus dan bakal menyedot internet quota kamu.

Lalu bagaimana solusinya? Berdasarkan hasil penemuan saya, kamu harus mengikut langkah berikut agar bisa mematikan sepenuhnya Windows Update tersebut.

  • Search dan buka services.msc sebagai Administrator.
  • Cari tulisan Windows Update lalu klik kanan Properties.
  • Kita hentikan prosesnya dengan klik Stop.
  • Pada Log On tab, pilih This Account.
  • Isikan .\Guest dengan username dan password kosongkan.
  • Kemudian klik OK.

Penampakan gambar bisa dilihat di sini :

windows update interface

Kemudian buka task manager kamu, lalu cek pada bagian Wi-Fi. Kamu bisa perhatikan statistik konektivitas di sana. Jika ada Windows Update, ketika kita posisi idle, maka otomatis konektivitasnya akan tinggi dan berjalan dalam jangka waktu lama. Nah sekarang biarkan idle dan lihat apakah Windows Updatenya running. Seharusnya tidak, karena cara ini sudah saya test di laptop saya juga.

Oke semoga bermanfaat sharenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *