Ubah Default RDP port di Azure Windows

Karena sudah lama tidak posting tentang Windows, sekarang kita akan membahas dikit tentang Windows Server Azure yang baru-baru ini banyak menawarkan promo gratis untuk beberapa bulan pertama.

Di Windows Azure, untuk mengubah port sebuah Remote Desktop (RDP) kita tidak perlu susah-susah ke registry dan melakukan pengubahan secara manual, dimana tersebut tutorialnya di internet. Caranya sangat mudah sekali.

Pada default Windows Server, port yang digunakan untuk RDP adalah 3389. Dimana sudah aktif dan terbuka. Misalnya, kita mau merubahnya ke 4601 untuk keperluan kita. Sebenarnya, sangat disarankan untuk mengubah port Windows Server ke selain port 3389, guna menghindari brute force attack.

Pertama, kita copy syntax di bawah ini dan pastekan pada Powershell dengan menggunakan Administrator permission.

Write-host "What Port would you like to set for RDP: " -ForegroundColor Yellow -NoNewline;$RDPPort = Read-Host

Kemudian kita tulis 4601 ketika ditanyakan port yang diinginkan.

Kedua, pastekan script yang terdiri dari 2 baris ini. Gunanya untuk menuliskan port yang barusan diinput tadi ke Firewall. Ingat ya, ada 2 baris jadi 2x enter.

Set-ItemProperty -Path "HKLM:\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Terminal Server\WinStations\RDP-TCP\" -Name PortNumber -Value $RDPPort New-NetFirewallRule -DisplayName "RDP HighPort" -Direction Inbound –LocalPort $RDPPort -Protocol TCP -Action Allow

Ketika sudah, kita cek lagi port yang tadi diinput.

Write-host "port number is $RDPPORT" -ForegroundColor Magenta
Write-host "Launch RDP with IP:$RDPORT or cmdline MSTSC /V [ip]:$RDPORT"

Jika port yang keluar layar adalah sama, berarti kita bisa proses dengan melakukan reboot server. Kemudian dilanjutkan dengan login RDP dengan port yang baru, yaitu 4601 lewat remote desktop kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *