CWP: Mengatasi Forbidden Ketika Add Domain

Yang namanya gratisan, biasanya selalu tidak lepas yang namanya masalah. Itu sudah biasa. Namun jika kita bisa mengatasinya, kita akan terbiasa melakukan workaround tersebut. Beberapa bug yang melanda di CWP (paling sering) yaitu kemunculan 403 forbidden.

403 Forbidden

Namun jika merujuk beberapa kandidat url referensi dari sumber forum CWP ataupun blog orang lain, kebanyakan akan mengatakan kalau di server mereka tidak demikian, atau cara menyelesaikannya adalah dengan melakukan delete pada domain atau subdomain yang barusan di add, kemudian add lagi. Dari hasil survey yang saya kumpulkan lewat google, sebagian kecil berhasil.

Lalu apa sumber masalahnya? Saya sendiri bukan developer CWP namun kita bisa melakukan analisa sedikit terkait hal ini. Dan sekarang akan saya coba jelaskan mengapa itu bisa terjadi.

Ketika menambahkan domain / subdomain, CWP akan melakukan running command tertentu dan menambahkan config virtual host (vhost) pada direktori berikut :

/usr/local/apache/conf.d/vhosts/

Kemudian akan di hasilkan 2 tipe konfig, dimana config vhost domain / subdomain tersebut yang bertipe ssl dan non ssl. Contoh tipe prefix :

nama-domain.conf
nama-domain.ssl.conf

Jika dilihat, nama file di atas berbeda, namun hampir 90% confignya sama. Bedanya hanya yang satu ada konfigurasi SSL dan lainnya tidak ada. Namun permasalahan muncul saat proses pembuatan config vhost ini. Entah kenapa, config yang dihasilkan oleh CWP kadang tidak benar dalam peletakan path folder document root user. Biar lebih jelas, saya pastekan full config non SSL dengan konfigurasi yang SALAH oleh CWP, sehingga berakibat 403 forbidden.

https://pastebin.com/raw/KPBd0Qid

Baris yang membuat error akan saya perlihatkan.

Ada 2 kesalahan
Ada 1 kesalahan

Total ada 3 kesalahan saat domain / subdomain tersebut dibuat. Sebenarnya kita tidak perlu melakukan delete – lalu add sebenarnya. Kita bisa membetulkannya sendiri. Syaratnya, kamu harus punnya akses SSH dengan akses root atau super user dengan level setara root. Dimana saya editnya?

/usr/local/apache/conf.d/vhosts/nama-domain.conf
/usr/local/apache/conf.d/vhosts/nama-domain.ssl.conf

Yang perlu kamu lakukan adalah edit pada gambar yang saya tandai di atas, lalu tambahkan path yang benar. Saya tahu anda malas ketik, saya pastekan full baris yang harus di edit ya.

https://pastebin.com/raw/GSg6EdEA

Jika sudah kita restart httpd nya.

service httpd restart

Lalu kamu mulai isi index.html atau index.php untuk test apakah sudah berhasil atau belum. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *