Kebiasaan buruk pemotor yang harus dihilangkan

Motor adalah kendaraan roda dua yang sering diandalkan karena kemudahan akan mobilitasnya. Tidak hanya itu saja, motor juga menggunakan sedikit bahan bakar. Jadi tak heran banyak orang yang memanfaatkan motor.

Motor yang saya maksud adalah sepeda motor dengan dua roda. Di wilayah perkotaan, jenis kendaraan ini menjadi senjata ampuh untuk mengarungi macetnya jalan. Tapi di sisi lain tidak sedikit pengendara motor yang terbilang ugal-ugalan bahkan dengan kebiasaan buruknya. Ada yang pernah mengalaminya?

Kalau anda tinggal atau bekerja sehari-hari di daerah perkotaan, saya yakin deh pasti sering melihat kebiasaan buruk pengendara motor. Pada topik ini kita akan membahas beberapa kebiasaan buruk pengendara motor. Sebenarnya ada banyak sih, tapi kita ringkas saja menjadi singkat dan padat.

Ngebut-ngebutan

Kebiasan yang paling sering kita temui adalah ngebut. Istilah ini berarti si pengendara motor dengan sengaja menancap gas motornya. Yang kita tahu, contohnya Jakarta, pada jam kerja kalau motor ngebut akibatnya bisa fatal. Jakarta dimana-mana macet (saat jam kerja) jika tidak seksama bisa menabrak kendaraan lain atau bahkan terserempet. Buktinya sudah banyak korban jiwa karena kasus ini.

Belok tiba-tiba

Yang satu ini biasanya salah satu point yang paling tidak disukai oleh pengendara mobil. Contohnya di Jakarta, jelas saja, para pengendara motor biasanya membalap mobil dan kendaraan lain dengan cara zigzag memotong antrian baris secara tiba-tiba dan tanpa menyalakan lampu sen. Masih untung dia tidak menabrak, bagaimana kalau nabrak?

Tidak memakai helm

Poin yang satu ini sangatlah klasik. Dari dulu sudah dibilangin untuk menggunakan helm saat mengendarai atau dikendarai motor. Alasannya jelas, untuk melindungi kepala pengendara sekaligus meminimalisir resiko kecelakaan atau bahkan kematian. Rata-rata kalau saya lihat yang sangat jarang pakai helm adalah anak SMA. Mungkin dia sudah lelah dan ingin mengakhiri hidupnya…

Tidak mau kalah

Apakah sifat ini merupakan salah satu sifat anda? Saya sangat yakin dan percaya, sifat ini pasti dimiliki hampir semua orang. Sebagai contoh, saat ingin menyebrang jalan namun tidak ada yang mau berhenti padahal warna merah. Jujur, jika memang ada ya mau bagaimana lagi? Yang terpenting adalah SELALU memberikan kesempatan jalan atau berlari orang lain terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *