Install Virtualizor di Ubuntu 16

Pagi ini di hari minggu yang agak mendung dan berawan, kita akan membahas sedikit bagaimana caranya install Virtualizor di Ubuntu 16. Pada dasarnya sih saya akan memasang Openvz di Ubuntu 16.04 namun ternyata tersandung beberapa masalah. Dan sepertinya masalah ini bagus untuk dibagikan.

Jadi ceritanya saya mencoba beli dedicated server di Jerman, karena speed internasional yang kencang dan regulasinya yang agak bebas, serta harganya pas di kantong. Nah sesudah melakukan pembelian, baru itu saya sadar ternyata sistem operasi yang mereka sediakan hanya Debian 8, Ubuntu 14 dan Ubuntu 16 saja.

Kok tidak ada Centos 6 atau Centos 7 ya, pikir saya. Apakah mereka cuma spesialis Ubuntu dan Debian saja ya?  Yasudah saya coba pasang di Ubuntu 16 karena jika melihat beberapa link referensi, kernelnya ada kok.

Saya sudah install Virtualizor dengan addon Openvz. Sudah terinstall dengan sukses dan minta reboot. Kemudian muncul beberapa error. Ah pikir saya, mungkin karena belum reboot dan kernel masih belum kernel Openvz. Saya reboot. Biasanya kan otomatis akan memilih ke kernal yang baru di pasang, kan? Lho ternyata tidak. Dia masih load ke kernel 4.13 bawaan default.

Kemudian lewat grub saya coba edit ke kernel Openvz. Well, karena Ubuntu saya baru pertama kali utak-atik, jadi saya agak kesulitan dan reboot hingga 2-3 kali untuk mendapatkan konfigurasi yang tepat.

Kita cek kernel yang sudah terpasang dulu.

grep -Ei 'submenu|menuentry ' /boot/grub/grub.cfg | sed -re "s/(.? )'([^']+)'.*/\1 \2/"
root@ms141:~# grep -Ei 'submenu|menuentry ' /boot/grub/grub.cfg | sed -re "s/(.? )'([^']+)'.*/\1 \2/"
menuentry Ubuntu
submenu Advanced options for Ubuntu
menuentry Ubuntu, with Linux 4.13.0-43-generic
menuentry Ubuntu, with Linux 4.13.0-43-generic (recovery mode)
menuentry Ubuntu, with Linux 2.6.32-openvz-042stab130.1-amd64
menuentry Ubuntu, with Linux 2.6.32-openvz-042stab130.1-amd64 (recovery mode)

Kamu akan lihat kernel Openvz sudah terpasang, namun entah kenapa tidak mau di load. Bahkan macet di tengah jalan terus. Kamu harus console ke dedicated dan disitu dia macet boot up. Setelah pusing keliling akhirnya saya tahu, Ubuntu 16 tidak bisa dipasang Openvz kernel entah kenapa. Saya langsung ke forum Openvz terkait hal tersebut. Ada user yang mengalami permasalahan yang sama seperti saya. Oke fix, berarti tidak bisa.

Inti dari topik ini. Openvz tidak bisa dipasang di Ubuntu 16.04 ^^

Saat ini saya reinstall server dan mencoba pasang ke Ubuntu 14. Ini gara-gara mereka tidak punya OS redhat atau centos semacamnya sih!

Note: Akhirnya bisa juga menggunakan kernel Openvz di Ubuntu 14. Biasanya selalu pakai Centos >.>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.