Merubah Tipe Lisensi Softaculous

Pada malam ini kita akan membahas bagaimana sih caranya merubah tipe lisensi Softaculous kita. Kebetulan sekarang saya lebih suka pakai Softaculous karena #tidakmaupusing.

Secara default, lisensi akan membaca sebagai tipe server Dedicated. Entah kamu memasang pada tipe VPS, tetap saja secara default akan membaca sebagai Dedicated pada kebanyakan kasus. Lalu gimana caranya? Kan lumayan untuk lisensi Softaculous VPS per bulan hanya 1,5 dolar saja dimana tipe Dedicated per bulan seharga 2,5 dolar. Kan lumayan bedanya.

Mengganti Lisence Tipe

Login ke Softaculous admin panel. Tidak tahu caranya? Silakan cari tahu sendiri. Karena saya pakai CentosWebPanel, login menggunakan URL yang sama seperti system cPanel, yaitu http://ip.ip.ip/whm/ kemudian search Softaculous dan masuklah kamu sebagai Admin.

Setelah itu pergi ke menu General. Pada bagian General section, kamu akan menemukan kata “Is VPS” nah itu kamu ceklis lalu jangan lupa klik Edit Settings. Oke selesai. Atau search saja kata “Is VPS”.

Kadang kamu akan di prompt warning message untuk menyantumkan Email Admin juga. Search saja kata “Admin Email Address” lalu isikan admin email yang akan di beritahu info dan sebagainya. Lalu klik Edit Settings.

Eskalasikan ke support

Kemudian kamu login ke Softaculous client area. Lalu cek apakah lisensi kamu sudah berubah dari Dedicated ke VPS. Jika belum kamu kirim tiket saja ke pihak Softaculous dan jelaskan apa yang terjadi. Jangan lupa mencantumkan lisensi key Softaculous kamu. License key ini bisa kamu dapatkan di Dashboard utama pada Softaculous admin.

Biasanya support akan merespon dalam waktu 12-24 jam. Well, jika tiket kamu di respon dalam waktu 6 jam atau kurang, berarti kamu sangat beruntung. Kalau saya sih selalu 12-24 jam.

Mungkin ada yang belum mengerti tentang Softaculous. Softaware ini adalah tipe Lisensi yang berada pada platform hosting control panel terkenal seperti cPanel dan Plesk. Bahkan kini merambah ke open source seperti Centos Web Panel dan VestaCP, dan lainnya (mungkin). Dengan menggunakan Softaculous, kamu menghemat waktu dan tenaga untuk memasang sebuah CMS. Karena dengan hanya beberapa klik saja, kamu bisa setup CMS tanpa harus repot berurusan dengan database dan konfigurasi ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.