Mengatasi This Could be due to CredSSP Encryption Oracle

Kali ini kita akan membahas tentang windows server sedikit. Artikel ini saya tulis karena kadang suka lupa caranya. Hal ini terjadi ketika laptop kita akan melakukan sesi remote desktop ke server windows menggunakan remote desktop application dan muncul seperti pesan di bawah ini :

Pesan error ini muncul karena versi encryption yang ada pada client (sisi kamu) dan sisi server (remote server) berbeda. Karena enkripsi yang berbeda, maka kamu tidak dapat memulai sesi remote desktop dengan remote server dan muncul pesan error seperti gambar di atas.

Untuk mengakalinya, ada 4 cara. Ya itu versi saya sih.

Pertama

Cara ini mempunyai kondisi ketika kita kesulitan untuk konek ke windows server dan tidak mempunyai akses apapun dalam hal ini. Dengan demikian, mau tidak mau ya tidak ada jalan lain.

Login ke laptop kamu dengan akses Administrator kemudian search gpedit.msc. Butuh level Administrator, login sebagai administrator atau user dengan authorisasi setingkat dengan Administrator.

Pada panel sebelah kiri klik Computer Configuration > Administrative Templates > System > Credentials Delegation. Setelah itu kita lihat di panel kanan, cari menu Encryption Oracle Remediation. Kita klik 2x untuk mengubah ketentuannya.

Ketika sebuah pop up window muncul, pilih Enabled > Protection Level: Vulnerable. Lalu klik OK. Kemudian close menu gpedit tadi. Selamat kamu bisa login ke Remote Desktop vps windows sekarang.

Kedua

Karena kamu enggak bisa login sama sekali, mintalah pada pihak penyedia server tersebut untuk membantu kamu. Dalam hal ini, server windows kamu kemungkinan besar akan di bantu update agar menggunakan enkripsi CredSSP yang sama dengan laptop kamu. Dengan demikian butuh restart server dan ada downtime.

VPS Linux Murah.

Ketiga

Jika kamu punya sistem operasi Linux entah itu Ubuntu atau Centos atau apapun itu, kamu bisa masuk menggunakan aplikasi remote desktop dari Linux. Ada berbagai jenis macamnya, kamu bisa cari di internet dan install. Ada remina, rdesktop, krdc dan lain-lain. Dijamin pasti bisa deh masuk. Baca juga Alternatif remote desktop di Linux.

Nah Mac itu kan menggunakan kernel Linux, saya belum pernah coba apakah bisa atau tidaknya. Jadi maaf saya gak bisa komen untuk yang satu ini. Jika ada salah satu kalian yang coba dan bisa pake remote desktop di Mac, bisa komentar di bawah.

Keempat

Cara ini bisa dibilang agak stupid sih. Karena gara-gara versi update windows pada bulan April-Mei jadi kamu tidak dapat login. Simpel, kita hanya perlu membuang update windows yang bermasalah itu. Sayangnya saya gak tahu update versi mana yang menyebabkan masalah itu. Jadi kamu perlu berusaha keras mencarinya di internet ya.

Oke sekian, semoga berhasil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.