Kamus Online Jepang di Google Search

Pada pagi ini kita akan membahas tentang kamus online Jepang. Artikel ini adalah terusan dari komentar Rani.S yang menanyakan “adakah kamus online jepang?”.

Google Translate

Jawabannya ada. Kalau kamu mau mencari, ada di google translate (yeah, sesimple itu). Bahkan kamus jepang online ada juga pada mode pencarian google. Ketika kamu buka google.com pada URL browser, kemudian kamu ketik “kamus online jepang” tanpa tanda petik. Sesimple itu bisa kamu langsung gunakan tanpa cari susah payah. Lebih detailnya saya jabarkan di bawah.

Google Translate

Kalau kamu bingung dimana mencari kamus online jepang, tidak perlu khawatir. Karena beberapa kamus online jepang (yang gratisan) versi web menggunakan API (Application Programming Interface) ke google translate. Jadi, lebih baik menggunakan google translate saja sekalian.

Kelemahan dari google translate adalah kurangnya beberapa fungsi ketika ingin mentranslate dari bahasa romaji (bahasa jepang yang tulisan latin seperti: kotoba, ai, aishiteiru, suki, dll) ke bahasa indonesia. Maksudnya, ketepatan arti translasi tidak sebaik orang yang mahir bahasa jepang dan kamus buku.

Google Search

Seperti yang diberitahukan sebelumnya, kamus online jepang versi google search bisa kamu akses dengan cara membuka google.com terlebih dahulu. Kemudian ketikan “kamus online jepang” pada kolom pencarian. Nanti akan terlihat seperti ini :

Fungsi ini lebih mudah dan lebih simpel menurut saya sih.

Contoh penggunaan, misal mau mencari arti kata “soba ni itai kara” karena kamu habis nonton anime atau drama jepang eh kepo kepingin tahu artinya. Nah kamu ketik di kolom “Enter text” kemudian akan muncul auto suggestion text. Kamu klik auto suggestion text tersebut.

Kotak  biru adalah kata yang akan kita cari (saya paste kan di situ). Kemudian kotak merah adalah auto suggestion. Nah, kita klik itu kotak merah.

Kemudian hasilnya akan seperti ini :

Sebenarnya sama seperti googletranslate.com namun entah kenapa saya lebih suka yang versi dari google search ini. Karena lebih mudah dan simpel dilihat.

Mungkin itu saja yang bisa diberikan untuk referensi kamus jepang online. Kalau tidak salah 6-7 tahun lalu ketika masih ikut jadi anggota fansub anime begitu, google translate masih sangat kacau untuk mengartikan. Jadi dulu saya menggunakan zkanji untuk versi offline (aplikasi windows & linux ada). Biasanya dalam 2 bulan atau 3 bulan sekali ada auto update secara online kalau zkanji. Namun rasanya saat ini sudah tidak ada update lagi untuk database kosakatanya. Namun zkanji cukup bagus untuk versi offline aplikasi di windows / linux.

Terlepas dari mana yang kamu pakai itu terserah. Semua punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semoga membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.