Blog baru

Yap, malam ini anda melihat blog baru karena sebelumnya blog lama saya telah di obrak abrik sama orang lain. Dan setelah melihat database, ternyata sudah di ubah-ubah dan tidak memungkinkan untuk digunakan kembali. Oleh karena itu saya membuat keputusan untuk memulai semuanya dari nol lagi, ya, dari nol.

Suatu kelalaian yang sudah telah diperbuat karena menerapkan low security profile pada pembuatan database dan security assesement. Karena sibuk dengan urusan kantor, jadinya blog pribadi malah tidak diperhatikan, bahkan sampai di obrak-abrik sama orang lain. 

Sebelumnya saya memakai shared hosting, namun setelah melihat kejadian ini, saya berubah pikiran deh. Dan bakal mengurus semuanya dari nol (Ya, dari nol lagi) hingga urusan keamanan atau security. Karena lebih baik menerapkan security secara individual, biarpun dari nol.

Kali ini saya menerapkan sistem mod_security dengan ditambah CSF Firewall. Saran ini saya ambil karena salah satu rekan kantor menyarankan demikian. Dan terbukti salah satu websitenya yang bersifat banyak pengunjung masih aman tenteram dan sentosa hingga sekarang >.>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *