Demo Sopir M-44 di Tebet, Gak ada Angkot dan Bus TransJakarta

Pada pagi hari ini, Sabtu tanggal 7 April 2018 tepat setelah pulang kantor saya pulang ada pemandangan yang beda dari biasanya. “Hari Sabtu kok tumben ya sepi banget jalan raya, hanya terlihat motor, mobil saja”.

Angkot M44

Ya dipikir pake logika ya iyalah, namanya juga hari sabtu, hari libur. Sudah pasti jarang ada kendaraan. Biasanya, selalu menunggu bus Transjakarta, namun tidak kunjung datang, padahal sudah menunggu 10 menit lebih. Sudah 15 menit lebih tidak ada batang hidung bus TJ. Yang ada hanya bus Kampung Melayu – Stasiun Tebet (Bus TJ Asian Games 2018). Saya naiknya Bus TJ Kopaja.

Ditawarin Ngojek

Kemudian ada tukang Grab dan Gojek menawarkan diri untuk diojekin (karena tujuan ke stasiun tebet). Bapak itu menawarkan diri untuk jasa ngojek tanpa pakai aplikasi dengan Rp 10.000 saja, serta menambahkan kalau sedang ada demo di dekat Stasiun Tebet.

Karena dia ngomong tanpa bukti ya gak percaya dong. Kita terus menunggu, akhirnya ada bus TJ Kampung Melayu – Stasiun Tebet mau gak mau kita harus naik deh. Bus dengan jargon logo Asian Games Energy of Asia ini tidak berhenti di stasiun Tebet, namun naik fly over dan berhenti 300 meter setelah stasiun Tebet dan putar balik. Ya ujung-ujungnya deket stasiun Tebet, tapi lama (karena muter dulu).

Angot M-44 Mogok

Akhirnya baru tau setelah melihat dengan mata sendiri, kalau sopir angkot M-44 mogok narik dan sepertinya pihak Transjakarta Kopaja diusir atau diapain gak tahu, gak kelihatan batang hidungnya.

Ketika bus yang saya naiki melwati fly over stasiun Tebet, kemudian menepi di kiri dan persiapan putar balik. Ternyata sampai situ dihadang oleh orang-orang yang diduga sopir M-44. Soalnya seragamnya biru gitu sih, tapi enggak yakin juga. Alhasil kita turun dan jalan menuju stasiun Tebet. Jika dilihat dari situasi dan mimik muka para sopir, mereka sepertinya menaruh ketidaksukaan pada sopir bus TJ deh, seperti kasus beberapa bulan lalu.

Karet – Tebet No Angkot

Bagi yang mau ke stasiun tebet atau ke daerah Karet dari tebet, sayangnya kalian harus naik angkutan ojek online dulu deh. Karena tidak ada bus TJ yang beroperasi atau angkot yang beroperasi. Ada satu dua bus yang lewat (Bus TJ Asian Games 2018) tapi jaraknya 15 menitan.

Tapi kalau yang mau ke daerah Kampung Melayu, masih ada bus butud berwarna kuning yang agak gemvel. Bus itu saya gak tahu namanya, tapi bisa sampai Kampung Melayu. Bus gemvel ini datang 15-20 menit sekali rata-rata dari arah Karet. Bisa naik itu, jika tidak naik ojek online saja atau ngojek.

Motif Demo

Masih kurang mengerti latar belakang dari kegiatan diduga demo sopir M44 yang gak jelas ini. Tapi sangat disayangkan, karena kegiatan masyarakat terganggu dan berpotensi berhenti, sopir gak dapat tambahan uang, semuanya merugi gara-gara aksi demo ini. Hingga saat ini saya masih menanti berita pastinya walau mata sudah 5 watt dan ngantuk.

Tambahan saja, angkot M44 2 tahun saya bekerja daerah Rasuna Said, angkot tersebut terkenal dengan ngetem lama, kebut-kebutan seperti kesetanan di pagi hari, harganya mahal (deket / jauh bayar 4000). Tidak semua angkot seperti itu, tapi rata-rata iya (pengalaman naik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *