Kenapa Let’s Encrypt hanya 90 hari?

Kira-kira pada bertanya-tanya gak yah tentang SSL gratisan yang satu ini? Ya, adalah Let’s Encrypt, sebuah tool tambahan yang diseriakan oleh beberapa vendor tertentu di dunia.

Logo Let’s Encrypt

Pernah terpikir gak berapa banyak SSL yang telah diproduksi oleh Let’s Encrypt ini? Yang pasti sudah banyak sekali dan gatau juga deh apakah sudah menembus 1 milyar sertifikat atau belum. Kalau kita menengok ke belakang, fitur Let’s Encrypt sama dengan fitur SSL Cloudflare dimana sama-sama menyediakan gratis.

Bedanya SSL Cloudflare dan Let’s Encrypt

Bedanya yaitu SSL Cloudflare menggunakan sertifikat yang lebih mahal dan bersifat SAN pada top level domain yang berbeda dan waktu perpanjangan sertifikat yang lebih dari 90 hari. Dimana Let’s Encrypt perpanjangan waktu hanya 90 hari dan terdeteksi SAN hanya pada top level domain yang sama.

Mengapa hanya 90 hari?

Ternyata pihak Let’s Encrypt telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait SSL yang mereka keluarkan mengapa hanya 90 hari? Kamu bisa cek website resmi Let’s Encrypt terkait 90 hari sertifikat mereka.

Intinya adalah sebagai berikut :

  • Rata-rata ada banyak SSL  yang bermasalah dan salah dalam penanganan instalasinya. Dengan memperpendek waktu hidup SSL, berarti meminimalisir key yang tercuri dan sertifikat yang bermasalah.
  • Dianjurkan penggunaan automasi untuk memperpanjang SSL atau membuat SSL baru. Karena sekarang dengan otomatis, maka semua bisa menjadi mudah tanpa harus repot memasang atau memperpanjang.
  • Mereka sadar layanan mereka masih seumur jagung dan merek lebih menyukai serba otomatis.

Kira-kira begitulah kalau di simpulkan. Karena saya ngetiknya sambil 1/2 tidur (ngantuk remeng2 begini) di shift malam. Mohon di maklumi. Jika ada yang salah sedikit atau  banyak bisa di komentar bawah untuk pembenahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.