Ganti Plat mobil di SAMSAT Depok

Kemarin baru saja plat mobil di rumah sudah habis masa berlakunya. Oleh karena itu harus di bawa ke SAMSAT untuk pergantian baru. Prosesnya sama seperti motor, bedanya lebih besar dan  lebih mahal pajaknya.

SAMSAT depok

Petunjuk ini saya buat agar beberapa dari teman-teman yang mungkin saja tinggal di daerah Depok Jawa Barat bisa mendapatkan gambaran bagaimana sih caranya mengganti plat mobil di SAMSAT Depok. Saya akan jelaskan dan buktikan kalau membayar secara individu (tanpa calo) itu mudah dan tidak ribet seperti yang dipikirkan. Daripada pakai calo, lebih mahal (sekali)?

Baca sebelumnya: Memperpanjang STNK & Gosok Plat nomor di SAMSAT Depok.

Gosok Mesin

Menuju ke lokasi SAMSAT Depok menggunakan mobil, kamu langsung masuk ke dalam (pakai mobil). Setelah melewati pintu masuk SAMSAT, ada 2 jalur (tanjakan ke kiri dan lurus) pilih lurus. Kemudian terus lurus hingga menemukan kanopi. Disitu tempat gosok mesin. Kalau bingung tinggal tanya petugas.

Foto Kopi

Ketika menunggu antrean gosok mesin, kita bisa langsung foto kopi arsip yang dibutuhkan. Foto kopi seharusnya berada di sebelah kanan kamu menaruh mobil antrean ketika mau gosok mesin. Jika bingung apa yang dibutuhkan, tinggal tanya dengan tukang foto kopinya. Jangan lupa bawa BPKP mobil. Foto kopi Rp 5000.

Kamu juga tanya ke petugas kemana harus mengumpulkan berkas dan ada biaya tambahan kalau tidak salah RP 30.000.

Pengurusan Arsip di T.U.

Setelah selesai, gosok kita harus mengeluarkan mobil ke luar. Karena parkir mobil di dalam tidak boleh. Cari dulu deh parkiran mobil yang klop. Kemudian kita ke gedung utama. Letaknya berada di gedung yang lebih tinggi dari bangunan sekitarnya. Setelah masuk dari pintu masuk SAMSAT, ke arah tanjakan kiri.

Ruang T.U. berada di sebelah paling kanan (mentok) ketika memasuki gedung. Kamu bisa mengenali gedung T.U. ketika melihat tulisannya.

Ke Loket Progresif

Setelah itu kita ke loket progresif untuk menaruh map saja. Jangan lupa BPKP mobil kita simpan, jangan di taruh di dalam map! Tidak perlu menunggu di depan loket progresif, karena nantinya kita akan dipanggil ke loket kasir yang berada di sebelahnya.

Bayar ke Kasir

Setelah menunggu, nanti pihak kasir akan memanggil kamu ke loket x dan harus membayar pajak tersebut. Di sini, pastikan bawa uang lebih (uang pas) ke kasir.

Setelah membayar, kamu menerima tanda terima berupa selembar kertas pajak atas nama kendaraan yang kamu bayar. Simpan dan beralih ke loket sebelahnya untuk penerbitan STNK. Jangan jauh-jauh dari loket penerbitan STNK, karena speaker loket tersebut kalah (suara) dari loket lainnya.

Ambil STNK Baru

Setelah menunggu di loket pengambilan STNK, kamu harus menunjukkan surat tanda bukti bayar dari kasir untuk mengambil STNK baru dan KTP kamu. Selanjutnya cetak plat nomor baru.

Cetak Plat Nomor

Langkah terakhir adalah kita ke lantai dasar dari bangunan gedung tersebut untuk mencetak plat nomor. Kasih saja STNK dan KTP yang baru diserahkan dari penerbitan STNK ke loket pelat nomor dan tunggu dipanggil selagi pelat nomor dibuat.

Si penjaga loket bakal mengatakan “Kasih aja seikhlasnya” ketika plat nomor kamu jadi. Terserah kamu mau ngasih atau enggak. Namun kalau mau aturan punglie hilang, jangan bawa tradisi lama. Bilang saja terima kasih.

Perlu kamu tahu semua dana yang sudah dibayarkan sudah termasuk pembuatan plat nomor. Sudah kewajiban kerja si penjaga loket plat nomor untuk memproses plat nomor tersebut.

Sekarang sudah jelas bukan? Semoga panduan ganti plat mobil di SAMSAT Depok bisa berguna buat teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.