Perbandingan Sentora, CWP, dan Kloxo-MR

Hola, kembali lagi menyempatkan diri sebelum berangkat kerja untuk menulis artikel tentang perbandingan beberapa web panel gratis berbasis open source.

Seperti postingan saya sebelumnya tentang webhosting panel gratis, hanya disebutkan secara gamblang dan keseluruhan saja. Kali ini kita akan membandingkan beberapa webhosting panel berbasis open source. Saya ambil sampel contoh yang banyak dipakai saja, seperti Sentora, CWP dan Kloxo-MR. Perlu diketahui, Sentora dulunya adalah ZPanel dan Kloxo-MR adalah hasil penyempurnaan dari Kloxo.

Untuk mempermudahnya, saya akan menggunakan beberapa kategori penting yang menjadi aspek dalam penggunaan dan praktik dari webhosting panel. Kategori tersebut meliputi kemudahan instalasi, kemudahan memakai, menu interface, troubleshoot, security dan base komunitas.

ZPanel

Instalasi : Mudah
Pemakaian : Termasuk mudah
Menu interface : Dapat dimengerti seiring waktu
Troubleshoot : Kategori mudah, namun terkadang ada beberapa bug
Security : Nilai 5/10
Base community : Forum komunitas ramai dan respon termasuk cepat, dalam 1-2 hari

Kesimpulan : ZPanel cocok dipakai untuk para pemula, namun sangat disarankan untuk tidak memakainya sebagai sarana produksi. Karena keamanan yang sangat rentan, tidak ada fitur keamanan dini atau hal semacamnya. Bahkan developer ZPanel menyarankan hanya untuk penggunaan pribadi.

CWP (Centos Web Panel)

Instalasi : Mudah
Pemakaian : Pertama kali agak sulit jika firewall dsb ingin diaktifkan
Menu interface : Mudah dimengerti walaupun pertama kali pakai
Troubleshoot : Kategori menengah
Security : Nilai 9/10
Base community : Forum komunitas ramai

Kesimpulan : CWP sangat cocok digunakan untuk penggunaan website atau project menengah. Hal ini karena CWP mempunyai fitur base panel yang bisa diandalkan serta memiliki firewall yang bisa custom. Terlepas dari itu, CWP juga dilengkap mod security.

Namun saat pertama kali memakai cukup sulit jika ingin diaktifkan firewall dan mod security karena selain harus membaca manual dan forum” mereka, perlu konfigurasi yang tepat sesuai CMS yang akan kita install.

Kloxo-MR

Instalasi : Mudah
Pemakaian : Mudah
Menu interface : Agak bingung pertama kali
Troubleshoot : Kategori sulit
Security : Nilai 7/10
Base community : Forum komunitas ramai dan support bahasa indonesia

Kesimpulan : Kloxo MR juga menerapkan security yang cukup kuat, mirip dengan konsep CWP. Namun Kloxo-MR membawa segudang bug yang kadang suka bermunculan tidak terduga. Adalah Mustafa Ramadhan yang mengembangkan Kloxo-MR menjadi lebih baik dari pendahulunya, Kloxo.

Saya pribadi suka konsep Kloxo-MR dan cara berpikir MR, namun bug pada Kloxo (terdahulu) sudah terlalu banyak dan menurut saya melakukan patch bug-bug ini memakan waktu dan menjadi never ending work. Kloxo-MR cukup bisa diandalkan jika kamu mengerti cara settingnya. Saya sendiri pernah memakai Kloxo-MR selama hampir 1 tahun, namun bug pada email terkadang sulit diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.