Mengenal dunia fansub

Sekarang mau mengenalkan sedikit tentang dunia fansub. Beberapa dari kalian pasti sudah tidak asing lagi yang namanya fansub. Yuk disimak.

Fansub atau istilah panjangnya fan-subtitled adalah proses yang mentranslasikan dari bahasa jepang menjadi bahasa yang diinginkan dengan tujuan agar mudah dinikmati. Ada juga halaman wiki yang mnyatakan proses alihbahasa dsb dsb bisa juga. Nah biasanya istilah fansub selalu identik dengan bahasa jepang atau anime jepang khususnya. Namun demikian, diskusi mengenai fansub ini termasuk kontroversial. Di satu sisi kamu mentranslasikan ke bahasa indonesia, namun lisensi yang ada belum tentu ada.

Belajar fansub

Dulu saya mengenal fansub sekitar tahun 2010-an dan sangat termotivasi untuk belajar lebih giat lagi tentang Jepang, khususnya bahasa kesehariannya dan budaya animenya. Dulu fansub di dominasi oleh fansub internasional, khususnya bahasa ingrris. Mereka dengan sukarela mengerjakan episode demi episode anime dengan mengorbankan waktu pribadi mereka. Yang kemudian hasilnya ditonton oleh para penikmat anime.

Jadi tahun 2010 saya mengenal fansub dan suka banget sama anime jepang, kemudian 1 tahun kemudian berkeinginan untuk memulai project sampaingan untuk bikin sebuah fansub simpel dan buat seru-seruan aja. Lalu sekitar tahun 2011 saya bertemu dengan seorang teman yang kebetulan hobi kita sama dan punya hasrat yang sama untuk memulai sesuatu yang baru dan mau belajar. Yap, singkat kata kita mau membuat sebuah fansub.

Pada waktu itu bahasa jepang saya kacau dan ga jelas. Kemudian untuk bahasa inggris juga masih agak kacau. Kalau boleh jujur, mungkin sebagian besar subtitle indonesia yang kami buat, rata-rata hanya kami dan tuhan saja yang tahu. Jujur saja, melihat kualitas subbing kami pada tahun 2011-2012 itu kacaunya minta ampun dan malu sebenarnya, hahaha.

Aktivitas fansubbing ini karena kami pendengaran bahasa jepang masih kurang oke, jadi kami mengambil sumbernya dari beberapa sumber. Salah satu diantara horriblesubs, hulu tv dan fansub internasional yang sudah nge subbing anime tersebut.

Lahirnya Vxsub Fansub

Mungkin beberapa teman ada yang tahu kalau saya dulunya adalah salah satu translator, penyelaras akhir, encoder dan organiser untuk vxsub fansub. Dulu saya dengan rekan saya karena suka dengan anime dan lagi demam fansub, akhirnya kita mencari nama baru yang dijadikan sebagai nama maskot fansub kita. Setelah dipikirin panjang, lahirnya VX-sub.

Dulu namanya VX-sub fansub. Fokus kita anime yang disukai saja. Dan sejak launching perdana kami dapat banyak respon dari fansub petahana, duh saya lupa fansub apa tapi fansub tersebut benar-benar mendukung kami dan memberikan masukan yang sangat berarti buat kami. Bagi kami, ada 1 orang yang menikmati hasil subtitle kami saja senengnya bukan main deh. Apalagi yang download hingga 1000 an orang.

Seiring berjalannya waktu kami memperbaiki kualitas translasi dan hasil encode video. Pengejaan nama pun juga diganti karena biar lebih bagus saja. Mulanya VX-sub menjadi Vxsub.

Mungkin itu saja dulu untuk awal-awal, nanti kita sambung lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.