Youtube: Perdebatan ga jelas makin marak!

Setelah beberapa hari lalu memperbaiki touchpad laptop saya yang rusak, kini kita akan membahas beberapa hal mengenai Youtube. Sudah banyak yang  tahu Youtube.

Youtube kini adalah #1 fasilitas upload video atau sarana berkreasi yang diciptakan oleh anak perusahaan dari Google. Tidak lain Youtube kini sudah berubah menjadi media sosial. Sudah sangat biasa kalau kamu lihat bagian bawah video ada kolom komentar. Selain banyak yang memuji video atau mengomentari vide yang di upload, ada juga beberapa orang yang berdebat.

Di Internet, semua orang jadi profesor

Percaya atau tidak, semua orang yang berkecimpung di dunia internet biasanya seketika itu ia menjadi seperti seorang profesor. Lho, maksudnya apa? Maksudnya jadi orang yang merasa paling pintar dan benar. Dan meyakini kalau semua argumen miliknya adalah benar.

Kamu akan melihat banyak argumen atau komentar dari beberapa penonton di youtube, entah dari manapun background orang tersebut, mereka semua akan berkata dan bersikap layaknya seorang profesor atau guru besar di suatu universitas.

Cek cok di Youtube

Akhir-akhir ini fenomena profesor sudah banyak terjadi. Ketika ada video hasil karya orang lain, si A mengomentari karya video si pengupload. Kemudian si B jug ikut mengomentari si pengapload. Lalu beberapa waktu kemudian datang si C mengomentari dan si C tidak setuju tentang argumen si A dan si B. Si C menilai konten video tersebut terlalu biasa dan terkesan tidak sesuai seleranya.

Menanggapi hal tersebut si A dan si B langsung balas balik mengomentari dan klarifikasi. Lalu orang lain yang melihat argumen si C atau si A dan B juga ikut komentar, hingga akhirnya semua ribut dan tidak karuan. Alhasil, nanti komentar tersebut berlanjut hingga panjang gara-gara mempermasalahkan hal simpel saja. Hal tersebut berlanjut hingga besar.

Fenomena seperti ini dalam 2 tahun terakhir sudah mulai sering terjadi. Keadaan dipicu ketika seorang penonton yang mengungkap ketidak-sukaannya terhadap adanya konten video yang terupload.  Atau keadaan dipicu ketika seseorang berkomentar yang mengkritik terhadap konten video namun ia merasa kritik tersebut tidaklah pas lalu mengungkapkan sanggahan kalimat tersebut ke si pengkiritik.

Mengapa bisa terjadi demikian?

Sayangnya saya sendiri juga kurang tahu mengapa bisa demikian. Namun biasanya faktor yang menyebabkan tersebut salah satunya yaitu karena faktor stress atau orang tersebut tidak dapat meluapkan amarahnya sehingga tersampingkan di kolom komentar youtube.

Apapun alasan dan keadaanya, berbeda pendapat atau kritikan itu boleh. Namun bukan berarti kamu adalah yang paling benar. Menyampaikan pesan atau pendapat tidak ada yang salah, namun tidak ada gunanya mempermasalahkan hal sepele tersebut hingga ribut-ribut di kolom komentar hingga sangat heboh. Toh kamu tidak dapat apa-apa kalau menang argumen bukan?

Berpikir dua kali sebelum berkomentar dan bertindak =]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.