Cara disable Touchpad di KDE Plasma

Pagi ini adalah pagi  yang cerah dan bahagia. Gimana tidak? Sekarang hari libur kantor dan salah satu permasalahan krusial saya terpecahkan!

KDE Touchpad interface.

Setelah saya berhasil install KDE pada Ubuntu 16 saya, ternyata ada masalah lain yang tersembunyi. Masalah itu berhubungan dengan touchpad latop. Efeknya sebenarnya tidak terlalu parah, malahan terkesan sangat enteng. Tapi jujur saja, sangat mengganggu saat bekerja di kantor. Padahal saya sudah minta bantuan teman saya yang sudah lama memakai KDE namun sepertinya masalah belum terpecahkan juga. Namun kini sudah terpecahkan masalahnya! Muahahaha…!

Tutorial Umum

Jika kamu ingin disable touchpad, cara biasanya kamu klik logo KDE Plasma lalu ketik “touchpad”. Atau jika punya keyboard dengan logo Windows di sebelah tombol Alt, bisa juga gunakan itu untuk alternatif fungsi KDE Plasma.

Setelah terbuka, kamu ke tab “Enable/Disable Touchpad“. Kemudian kamu hanya perlu mengaktifkan fitur “Disable tap while typing” atau “Disable touchpad when mouse is plugged in“. Dalam kasus ini, saya ingin mengaktifkan kedua fitur tersebut. Namun setelah diaktifkan dan klik Apply atau OK ternyata touchpad saya masih bisa digunakan, bahkan fitur disable tap while typing tidak berfungsi.

Saya ingat betul sudah sekitar 1 minggu setelah saya pasang KDE Plasma namun masalah spele ini masih belum juga terselesaikan. Akhirnya secercah harapan muncul ketika pagi ini saya bangun pagi dan mulai browsing sambil dengerin baka radio.

Edit manual

Dalam forum tersebut ada juga yang mempunyai masalah yang sama seperti saya. Bedanya, dia menggunakan laptop Dell XPS 13, lalu saya menggunakan laptop Dell Lattitude 3379. Namun dari situ ada kesamaan, yaitu sama-sama menggunakan laptop Dell. Apakah ini hanya kebetulan saja, atau memang ada masalah pada touchpad dengan vendor laptop Dell jika menggunakan KDE Plasma?

PERHATIAN : Baca dulu sampai selesai.

Pertama, kita backup dulu file asli dari sistemnya. Ingat, jika ingin mengubah sesuatu lewat Konsole, selalu backup.

sudo cp -p /usr/share/X11/xorg.conf.d/51-synaptics-quirks.conf /usr/share/X11/xorg.conf.d/51-synaptics-quirks.conf_bak

Kemudian kita harus menambahkan kode di bawah ini yang nantinya di tambahkan ke file /usr/share/X11/xorg.conf.d/51-synaptics-quirks.conf. Copy code di bawah ini dulu.

Section "InputClass" 
        Identifier "SynPS/2 Synaptics TouchPad" 
        MatchProduct "SynPS/2 Synaptics TouchPad" 
        MatchIsTouchpad "on" 
        MatchOS "Linux" 
        MatchDevicePath "/dev/input/event*" 
        Option "Ignore" "on" 
EndSection

Kemudian kita tambahkan di bawahnya.

sudo vi /usr/share/X11/xorg.conf.d/51-synaptics-quirks.conf

Jika sudah di save. Kemudian menurut tutorial yang saya baca di forum tersebut kita diharuskan untuk restart proses lightdm.

Sayangnya saya enggak menyadari kalau ternyata lightdm ini adalah proses yang running profile pada KDE. Tanpa berpikir panjang saya langsung restart saja. Hasilnya, saya langsung logout seketika dalam hitungan 0 detik. Kemudian catatan dan file yang belum ke save pun hilang. Bukan itu saja, link referensi yang saya dapat di forum terpelosok pun juga hilang!

Penting untuk simpan kerjaan atau kegiatan kamu dulu sebelum restart lightdm. Intinya adalah kamu bisa restart lightdm atau kamu log out dan login kembali. Hal itu sama saja.

sudo systemctl restart lightdm

Kemudian kamu harus login lagi di profile screen lock.

Masalah selesai!

Untungnya saya masih bisa melihat command yang baru saya running di history lewat Konsole. Jadi sebelum lupa atau hilang, saya langsung tulis di blog tentang cara mangetasi sulitnya disable touchpad pada KDE.

Nah, kemudian saya coba untuk disable dan enable touchpad sekarang sudah bisa lewat Touchpad interface KDE. Sip.

Spesial terima kasih buat pak Tuunii yang sudah meluangkan waktunya saya ganggu di waktu kerjanya ya pak 😛 akhirnya solve juga paaak!

Semoga teman-teman yang mengalami hal yang sama bisa teratasi atas artikel yang saya tulis ya. Kirim feed backnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *