Install KDE Plasma di Ubuntu 16

Sudah bosan dengan tema Unity dan Gnome pada Ubuntu 16 kini saatnya kita ganti tema. Tapi masih bingung bagusnya apa.

KDE Plasma 5.

Setelah mencari sana-sini pilihan jatuh ke Gnome classic yang super jadul. Tapi ada beberapa function yang akan hilang. Kemudian saya teringat teman kuliahan yang hingga saat ini masih menggunakan tema KDE pada OpenSuse laptopnya. Well, kepikiran untuk nyoba ke OpenSuse tapi laptop saat ini sudah di tweak sedemikian rupa untuk mempermudah kerjaan di kantor jadi mungkin lain kali deh nyoba OpenSuse. Masalahnya adalah sudah banyak script dan alias command yang dipasang pada struktur level home directory dan settingan java yang membuat saya pusing setengah mampus settingnya untuk kerjaan di kantor.

Install KDE di Ubuntu 16

Memasang KDE sangat mudah, tutorialnya ada banyak. Karena tema KDE agak berat, disarankan laptop kamu jangan jadul banget. Minimal core i3 atau lebih tinggi lagi dengan RAM yang mumpuni (lebih dari 2GB RAM). Saat ini saya menggunakan Ubuntu 16.10.

sudo add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports

Kita update dulu agar di tandai ke versi last.

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

Kemudian baru kita install KDE.

sudo apt-get install kubuntu-desktop

Instalasi KDE sangat lama, karena dengan banyaknya package yang baru jadi jangan heran kalau total data yang harus di download dari sistem apt kisaran 1GB.

Bagi yang pake internet sistem kuota harap diperhatikan, karena dari sistem apt sendiri akan mendownload file kisaran 1GB.

Setelah selesai download dan proses instalasi berlangsung, nantinya akan ada  interface setup. Kita harus memilih, jika ditanya package configuration maka silakan pilih lightdm.

Package configuration lightdm.

Kemudian setelah proses instalasi komplit, kamu bisa langsung menggunakan tema KDE segera. Syaratnya, kamu harus log out dari sesi saat ini. Gunakan menu log out, kemudian sewaktu login pilih profile KDE Plasma.

Pilih KDE Plasma.

Lalu login seperti biasanya dan… kini kamu sudah menggunakan KDE Plasma. Selain di Ubuntu 16, KDE juga bisa dipasang di varian distro. Kamu bisa cek tecmint untuk detail tutorialnya.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.