Commuters: Prioritas tempat duduk

Balik lagi kita akan membahas sedikit saja tentang prioritas tempat duduk. Jadi intinya adalah siapa saja sih yang berhak untuk mendapatkan prioritas tempat duduk?

Prioritas tempat duduk

Artikel ini bertujuan utuk mengedukasi sedikit siapa saja yang boleh mendapatkan prioritas tempat duduk. Karena banyak sekali orang yang main serobot saja mengambil tempat duduk tanpa memikirkan orang lain di sekitarnya alias memikirkan diri sendiri saja. Bahkan beberapa orang juga masih bingung siapa yang sebenarnya benar-benar berhak untuk mendapatkan tempat duduk. Semoga bermanfaat dan silakan disimak ya.

Kejadian memperebutkan tempat duduk di kereta khususnya Commuter line bukan hal yang khusus, melainkan sudah sering terjadi. Apalagi di jam-jam tertentu seperti jam masuk kerja (antara jam 0700 hingga 0800) lalu di jam pulang kerja (antara jam 1700 hingga 2000). Tidak jarang juga gara-gara hal sepele bisa menyebabkan keramaian yang tidak diinginkan lho.

Yang berhak mendapatkan tempat duduk

Menurut Commuter line sendiri ada tiga kategori dimana ia berhak mendapatkan tempat duduk, diantaranya :

  1. Ibu hamil
  2. Ibu membawa balita atau anak kecil
  3. Lanjut usia

Nah sudah jelas bukan, jadi ada 3 kategori dimana kamu harus memberikan tempat duduk jika ada salah satu dari 3 kategori di atas. Tapi kenyataannya, berbanding terbalik. Ada beberapa fakta yang harus kita ketahui dan kita rembukkan bersama pentingnya prioritas tempat duduk dan tidak menyalahgunakannya.

Pura-Pura tidur

Biasanya beberapa orang ada yang pura-pura tidur, entah itu lelaki atau perempuan yang tidak berhak duduk di bangku prioritas. Karena dengan pura-pura tidur, biasanya orang sangat segan untuk mencolek atau menasihati kalau ada yang lebih membutuhkan tempat duduk tersebut.

Pura-pura hamil

Biasanya ada beberapa perempuan atau ibu-ibu yang berpura-pura lagi hamil demi mendapatkan tempat duduk. Kasusnya baru saya dapati 2x saja sih, namun dari cerita teman-teman pengguna kereta, kasus ini sangat jarang.

Nempel deketin

Terkadang ada mbak-mbak yang sengaja mendekati kamu, yang sudah mendapatkan tempat duduk (bukan di bangku prioritas) dan berharap untuk memberikan bangkunya ke dirinya. Saya sarankan tidak perlu berbaik hati yang berlebihan kecuali kalau kamu benar-benar ikhlas. Karena orang yang tidak termasuk kriteria mendapatkan bangku prioritas sebaiknya tidak perlu dikasih juga gpp.

Rebutan

Layaknya anak kecil, ada beberapa penumpang yang suka rebutan tempat duduk hingga sikut-sikutan. Biasanya terjadi pada pagi hari dan berada di stasiun awal kereta berangkat. Sangat kecil kemungkinannya ketika ada nenek tua yang butuh tempat duduk dikasih.

Oke paling itu saja sedikit informasinya tentang prioritas tempat duduk sesuai pengalaman si penulis. Umumnya sih itu kebiasaan buruk dari beberapa penumpang Commuter line. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *