Alternative Linux remote desktop

Sesuai dengan judul, kali ini akan share tools di linux yang fungsinya sebagai alternative remote desktop. Saat ini saya baru mencoba di ubuntu, sedangkan di centos atau redhat belum sempat nyoba.

Kalau kalian perhatikan, kebanyakan tutorial akan menawarkan tool untuk remote desktop bernama rdesktop. Tools rdesktop ini bisa kamu temukan langsung pada instalasi fresh ubuntu atau bisa langsung install sendiri. Namun sayangnya masih ada beberapa kekurangan dalam tool rdesktop ini.Beberapa diantaranya seperti error pada CredSSP, lalu terkadang muncul error Kerberos, dan lainnya. Untuk workaround, sayangnya harus menjalankan beberapa syntax tertentu atau pada server windows tujuan harus di setting agar bisa lancar untuk ke depannya. Bagi para system administrator yang padat jadwalnya tentu bukan solusi yang efektif.

Kemudian saya mencoba tools remote desktop lainnya yang lebih efektif. Kemudian pilihan saya jatuh ke freerdp. Sama halnya dengan rdesktop, tools ini menyediakan seamless view untuk koneksi ke windows server menggunakan syntax command line. Secara garis besar, hampir mirip dengan rdesktop namun ada beberapa syntax dan sepertinya fungsinya lebih reliable dari rdesktop.

Untuk login ke windows server menggunakan syntax seperti ini :

xfreerdp /u:<username> /p:<password> /w:1366 /h:768 /v:1.2.3.4

Dimana /u adalah username /p adalah password /w adalah dimensi tinggi /h adalah dimensi lebar lalu terakhir /v adalah detail server. Jika server menggunakan port khusus, bisa menggunakan contoh seperti ini 1.2.3.4:1234.

Jika lebih simpelnya, kita bisa membuat simpel script untuk mempercepat proses login. Kita bisa membuat script simple, contoh file bernama rdp.

vi rdp

Kemudian kita isikan baris berikut :

xfreerdp /u:$2 /p:$3 /w:1366 /h:768 /v:$1

Lalu jangan lupa di set executable.

chmod +x rdp

Jika kita ingin konek ke server tersebut, tinggal masukkan syntax begini :

./rdp 1.2.3.4 administrator passwordnya

Dengan begitu kamu bisa langsung login ke server windows yang dituju dengan mudah dan cepat, namun perlu diingat default resolusi yang di set barusan adalah 1360 x 768 pixel. Jika ingin dirubah displaynya bisa kok, tinggal ubah saja pada script rdp tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Ternyata bakal ada saat error ketika kamu menggunakan aplikasi freerdp ini. Yaitu saat file known host sudah terisi dengan cache yang lama, kemudian credential file server IP yang dituju ternyata lebih baru. Ketika menemui keadaan seperti di atas, maka dalam command kamu akan muncul error berikut :

SSL_write: Failure in SSL library (protocol error?)
Authentication failure, check credentials.
If credentials are valid, the NTLMSSP implementation may be to blame.

Sebagai langkah awal, kamu harus menambahkan syntax di bawah ini utnuk bypass known host yang berada di cache :

--no-nla

Solusi permanent, kamu harus hapus file cache known host terlebih dahulu agar bisa menghilangkan error tersebut. Lebih detailnya bisa cek github di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.