cPanel: AutoSSL gagal dengan status pending

Ketika sedang shift malam, saya mendapatkan email dari salah satu customer pelanggan region indonesia perihal SSL dari cPanel. Ia menanyakan kenapa SSL tersebut lama sekali dikeluarkannya.

AutoSSL cPanel

Ketika di cek, ternyata status dari AutoSSL cPanel tersebut statusnya pending. Kemudian saya cek lebih lanjut ternyata status pending tersebut sudah lebih dari 3 hari, dimana hal tersebut tidak wajar. Biasanya butuh waktu kurang lebih 6-12 jam untuk mengeluarkan SSL gratisan dari cPanel dengan vendor Comodo (bukan Let’s Encrypt).

Jika dijelaskan pada dokumen cpanel sendiri, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan SSL DV dari Comodo biasanya antara 0,5-12 jam paling lama. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari banyaknya domain yang ada pada cpanel server kamu. Biasanya untuk shared hosting dengan total domain antara 300-1000 domain pada server cpanel membutuhkan waktu 1-6 jam.

Tanya ke cPanel Support

Tanpa menunggu lama saya langsung mengajukan ticket ke support cpanel. Sayangnya tiket support ini hanya bisa diakses oleh Authorised cpanel partner saja. Karena kantor saya adalah authorised partner oleh karena itu saya bisa langsung tanya ke cpanel support.

Menurut cpanel support sendiri, ada beberapa faktor yang menyebabkan lambatnya mengeluarkan SSL dari Comodo atau istilahnya macet gitu. Faktor yang pertama adalah versi cPanel server kamu berada terlalu lawas. Kamu harus beritahu ke Administrator cPanel kamu dan segera melakukan upgrade cPanel server ke versi terakhir.

Faktor Eksternal

Faktor yang kedua yaitu karena faktor eksternal. Faktor eksternal ini biasanya menyangkut dengan nama domain. Biasanya nama domain yang bermasalah dalam mengeluarkan DV SSL dari Comodo menyangkut nama brand, nama perusahaan besar, masalah legalitas domain, dsb. Kalau pada kasus saya kali ini, customer menggunakan nama domain yang berhubungan nama brand besar, oleh karena itu status pending atau ditunda.

Follow up ke DV SSL team

Arahan support cPanel memberikan saran untuk mengirimkan email ke tim DV SSL Comodo (kamu dikasih tahu email dan ID masalahnya nanti). Isi email tersebut tidak perlu yang muluk-muluk atau formal banget. Kamu cukup menyantumkan subject sebagai nama domain, ID domain saja. Isinya tinggal utarakan secara singkat kalau domain customer kamu pending dan minta arahan untuk penyelesaiannya.

Menurut cPanel support, nantinya bakal ada validasi yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan verifikasi DV SSL Comodo gratisan tersebut. Dan dalam hal ini, sebagai tim support harus menjadi jembatan komunikasi antara si penyedia SSL (comodo) dan pelanggan. Cukup merepotkan.

Solusi Alternatif

SSL gratisan tidak hanya bisa didapatkan dari AutoSSL saja. Kamu bisa pakai let’s encrypt. Biasanya jika suatu penyedia hosting sudah menyediakan AutoSSL maka Let’s Encrypt tidak akan terpasang. Kamu bisa berkunjung ke salah satu website yang menyediakan SSL gratis dari Let’s Encrypt juga di sslforfree. Sayangnya SSL yang diberikan hanya berlaku 90 hari saja. Tiap 90 hari harus kamu perbarui secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.