InnoDB: innodb_force_recovery is on: we do not allow

Ketika mau membuka website muncul pesan error tidak bisa terhubung ke database. Padahal tidak pernah utak-atik website script yang ada pada server dan tidak melakukan perubahan secara besar di sisi server maupun script website. Platform yang digunakan adalah cPanel.

Error db

Error ini biasanya muncul ketika kita akan membuka suatu website dimana website tersebut terhubung ke MySQL. Karena tidak melakukan perubahan besar pada sisi script / website, berarti kita harus melihat di sisi mysql server. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita bisa langsung melihat ke log mysql langsung. Pada umumny, jika tidak dirubah path dari log mysql cPanel berada di /var/lib/mysql/{SERVER_NAME}.err dimana SERVER_NAME kamu isi dengan hostname server kamu.

Contoh MySQL Error & Identifikasi

InnoDB: innodb_force_recovery is on: we do not allow
InnoDB: mysqld and edit my.cnf so thatInnoDB: innodb_force_… is removed.

Kira-kira error pada log mysql seperti di atas. Log error akan terus berjalan selama ada pengunjung yang membuka atau mengakses website tersebut dan akan terus looping hingga nantinya mysql proses akan down sendirinya.

Solusi

Untuk solusinya, kita pergi ke config mysql yang berada di /etc/my.cnf

Kemudian temukan baris berikut:

innodb_force_recovery = 1

Pastikan kita matikan innodb force recovery dengan cara menambahkan tanda komentar. Menjadi seperti ini :

#innodb_force_recovery = 1

Kemudian kita restart proses mysql

systemctl restart mysql

Kemudian monitor selama beberapa waktu pada log mysql apakah ada error yang signifikan saat di tes akses website tersebut. Jika ada, maka perlu di cek dan di troubleshoot sekali lagi apakah ada indikasi lain yang mempengaruhi.

tail -f /var/lib/mysql/{SERVER_NAME}.err

Biasanya, setelah proses tersebut semua masalah langsung kelar. Namun tidak jarang juga muncul masalah baru. Jika iya, maka cukup cek dari log dan bisa cek ke referensi mysql untuk informasi lanjutnya.

Referensi:

https://documentacoes.wordpress.com/category/mysql/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.