Plesk: Bagaimana Cara Set SSL Gratis?

Saya ingat pada tempo hari masih ada beberapa orang yang menanyakan bagaimana cara set ssl gratis yang ada pada fitur Plesk? Jika kamu mau membaca dokumentasi dari Plesk sendiri, pasti langsung ketemu deh caranya.

Interface Plesk

Pada umumnya, interface dari Plesk sendiri sudah sangat mudah dan rapih. Secara survey, Plesk lebih mudah ketimbang cPanel yang memiliki segudang setting termasuk dengan settingan mikro dan makro-nya. Untuk melihat dokumentasi Plesk orientasi di level end user (pemakai), kamu bisa cek link ini langsung. Di situ sudah ditulis secara rapih dan sistematis bagaimana cara menggunakan Plesk yang benar dan semestinya.

Sudah di Install Let’s Encrypt

Sebelum memasang SSL gratis, tentunya kamu harus pastikan kalau Plesk host dimana website kamu berada sudah support Let’s Encrypt apa belum. Biasanya, jika sudah support, saat kamu login ke Plesk interface menggunakan user dan password kamu akan terlihat logo dan tulisan Let’s Encrypt.

Domain diarahkan ke Plesk Host

Langkah berikutnya, kamu pastikan website kamu yang akan dipasangi SSL tersebut mengarah ke Plesk Host tersebut. Artinya, saat di ping website tersebut resolve ke IP plesk host tempat website kamu berada. Salah satu syarat penting agar bisa dipasangi SSL adalah IP address website harus sama dengan mesin host tempat ingin dipasangi SSL tersebut.

Mulai Install

Pertama, login ke Plesk host interface. Kemudian pada bagian kiri pastikan pilih “Website & Domains“. Kemudian klik “Let’s Encrypt“. Setelah itu akan muncul informasi pemasangan untuk pertama kalinya. Tinggal isi sesuai kebutuhan kamu saja. Kemudian proses untuk pemasangan. Tunggu sekitar beberapa menit, karena perlu jeda waktu untuk pemasangan awal / pembaruan SSL.

Pemasangan selesai

Setelah selesai, kamu bisa cek apakah SSL sudah terpasang apa belum di sslshopper. Jika sudah menunggu 5 menitan namun belum juga terpasang, coba cek apakah website yang ingin dipasang ini sudah mengarah ke IP Plesk host tersebut. Jika sudah, bisa ditunggu 5 menit berikutnya, mengingat karena banyak yang memakai fitur ini mungkin saat install pertama kali agak lama.

Terakhir, jika sudah selesai dan terverifikasi SSL nya, pastikan kamu aktifkan fitur SSL website di Plesk kamu. Caranya kamu ke menu “Hosting Settings” kemudian ceklis “SSL/TLS Support“. Lalu pilih certificate sesuai nama domain/website yang baru saja di install. Lalu jangan lupa klik OK untuk sentuhan akhir.

Selamat SSL sudah terpasang. Kini saat mengakses https pada awal website akan terlihat logo berwarna hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.