Mengaktifkan fitur Telnet di Windows

Topik seperti ini sebenarnya sudah pernah di pasang pada blog dcyber09 sebelumnya. Namun karena arsipnya hilang, jadi kita pakai yang baru saja. Beberapa tulisan akan di follow up segera (Pas lagi senggang).

Fitur telnet sendiri sebenarnya sudah ada pada platform Linux dan Windows. Fungsinya sebenarnya untuk melakukan remote dan pengetesan ke aplikasi tertentu. Hingga saat ini, fitur telnet masih tetap ada dan semakin disempurnakan seiring dengan adanya operating system yang terbaru.

Untuk mengaktifkan telnet, kita perlu menginstall terlebih dahulu. Perlu diketahui, telnet masih termasuk dalam fitur addon yang disediakan gratis oleh Microsoft. Entah lisensi kamu asli atau palsu, tetap saja bisa menginstall fitur telnet.

Pergi ke Control Panel Windows > Programs and Features. Kemudian pada panel sebelah kiri, klik Turn Windows features on or off. Sebuah pop up window akan muncul, agak lama tapi tunggu saja.

Kemudian scroll ke bawah, cari nama Telnet Client, kemudian beri tanda ceklis. Setelah itu klik OK. Tunggu beberapa saat, setelah selesai fitur telnet pada Windows sudah diaktifkan.

Untuk menggunakannya, gunakan syntax di bawah ini :

telnet <host> <port>

Dimana host bisa berarti nama hostname / nama website atau IP address. Untuk port, bagi yang tidak tahu port-port lazim standard aturan pada internet, bisa mengacu pada link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.