Exigrep: Membuat Hidup Lebih Mudah

Pagi dini hari ini kita akan membahas sedikit tentang exigrep. Topiknya agak beda dikit, tapi jangan salah ya. Tema topik ini untuk teknikal linux saja, dan sepertinya gak banyak yang ngerti juga.

 

Exim

Topik blog saya kali ini agak sedikit ke arah teknikal (ya emang dari dulu begitu). Exim adalah salah satu mail transfer agent (MTA) yang biasa dipakai di linux. Khususnya di platform cPanel exim sangat dipakai dan dianjurkan karena lebih stable dan lebih nyaman. Salah satu fitur yang biasanya sering digunakan oleh para System Administrator yaitu exigrep. Karena tools ini sangat berguna untuk menelusuri kemana arah jalurnya email dan informasi penting tentang pengiriman email tersebut.

Pada dasarnya, exigrep digunakan para system admins untuk memeriksa apakah email yang dikirimkan si user sudah sampai di tujuan. Jika belum, apakah ada pesan error yang muncul atau mungkin sudah terkirim namun tersangkut di sistem antivirus penerima email, dan memeriksa apakah ada faktor lainnya. Perlu diingat, command ini dijalankan melalui SSH.

Secara default, berikut adalah syntax yang digunakan untuk mencari email menggunakan command exigrep.

exigrep "recipient@domain.com" /var/log/exim_mainlog

Dimana recipient@domain.com adalah nama si penerima email kemudian /var/log/exim_mainlog adalah lokasi file log dari exim itu sendiri. Secara default lokasinya adalah /var/log/exim_mainlog kecuali jika kamu udah utak-atik pathnya.

Dari situ, kamu akan melihat jalur kemana email tersebut pergi dan status dari pengiriman email tersebut.

Jika ingin lebih spesifik lagi untuk menelusuri pengiriman email dari si user :

exigrep "recipient@domain.com" /var/log/exim_mainlog | exigrep "sender@domain.com"

Dimana recipient@domain.com adalah si penerima email, kemudian sender@domain.com adalah pengirim email. Dari command di atas, kamu bisa mendefinisikan secara detail dan langsung laporan pengiriman dan statusnya dari si pengirim dan penerima email yang sudah di definisikan secara rinci.

Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.