cPanel: 550 The mail server could not deliver mail

Ketika ingin mengirim email pernah mengalami error seperti judul di atas? Ya, pesan error tersebut diterima ketika kita ingin mengirim email ke suatu akun email, eh tapi malah balik lagi emailnya dengan pesan error.

Mental Balik!

Bagi pengguna platform hosting cPanel, masalah seperti ini bisa mudah di identifikasi. Sebaiknya sih, jika kamu bertemu masalah ini bisa langsung kirim email / live chat ke pihak penyedia hosting saja dan beritahu keluhan dan pesan error yang kamu terima secara detail. Jelaskan juga caranya step by step bagaimana sampai menemukan masalah seperti ini. Biasanya masalah seperti ini bagi penyedia hosting yang menggunakan cPanel adalah hal mudah.

Namun kalau kamu baru megang cPanel dan ingin belajar sedikit mengenai hal teknis seperti ini, kita bisa sharing kok. Pada intinya pesan error yang diterima isinya adalah mail server si pengirim tidak dapat menemukan alamat penerima email tersebut / tidak dapat menemukan akun email yang kamu tuju. Makannya dia muncul pesan error ditujukan ke pengirim email (kamu yang ngirim).

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini.

  • Cek apakah MX dari DNS tersebut sudah resolve ke server yang seharusnya.
  • Cek apakah akun email yang kamu tuju sudah benar penulisannya.
  • Cek pada Mx Routing si penerima server apakah sudah di set local.

Periksa satu per satu kemungkinan yang bisa terjadi. Jangan terlalu cepat lompat pada kesimpulan sebelum verifikasi dan tes hingga benar-benar valid.

Jika masalahnya adalah point pertama, kamu harus cek ke DNS server si penerima email. Apakah resolvenya lama atau memang ada masalah.

Jika masalahnya adalah point kedua, kamu harus periksa sekali lagi apakah akun email yang dituju benar (tidak typo). Jika masih muncul sama erorrnya, coba untuk ketik secara manual tanpa bantuin auto email contact.

Jika masalahnya pada point ketiga, pada Mail server si penerima kamu harus login dan ubah Email Routing dari remote ke local.

Semoga beruntung dan terpecahkan masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.