Ragnarok Renewal: Quest ke Scaraba Dungeon Room 1

Sedikit membahas tentang game ragnarok Gravindo, akhir-akhir ini lagi agak sering main game ini karena ada job renewal yang keren-keren. Sistemnya sama seperti sistem sebelumnya, job 2 lv 99 ke high novice lalu lanjut hingga job 4 dengan max level 175.

Singkat cerita, ketika level kita minimal sudah level 119, maka sudah saatnya hunting di Scaraba dungeon yang menyediakan exp lebih banyak dan cepat tentunya. Namun permasalahannya adalah ke Scaraba dungeon tidak semudah itu. Ada 2 cara agar kita bisa ke Scaraba Dungeon. Bisa melalui Quest dan bisa jalan secara manual.

Pada artikel ini akan saya berikan panduan caranya ke Scaraba Dungeon Room 1. Ada beberapa persyaratan jika kita ingin aman dan tidak terlalu bochor saat hunting bersama teman party lainnya.

  • Cari party 10 hingga 12 orang
  • Cari Arc Bishop / AB minimal 1 orang
  • Cari Ranger (tipe Arrow Storm / AS) minimal 2-3 ornag
  • Kalau bisa cari sorcerer (untuk regain sp) 1 orang
  • Cari 2 Royal Knight / RK minimal 2-3 orang
  • Cari Warlock / WL (punya skill Jack Frost) minimal 1 orang
  • Sisanya boleh job apapun dengan catatan bisa mob (area hit kill)
  • Selalu bawa SP regen potion jika ada

Rencananya adalah dengan adanya Royal Knight / RK akan memancing dan mencari musuh sambil memakai skill Endure dan disatukan. Kemudian para Job Ranger akan menggunakan skill Arrow Storm untuk menyerang dan kill momon (monster) tersebut. Makin banyak ranger makin bagus, apalagi ranger yang 1 hit kill menggunakan Arrow Storm / AS.

Di bagian support, Arch Bishop / AB melakukan paket dan heal serta Magni secara berkelanjutan. Lalu selalu tidak lupa menggunakan skill Prefatio (kyrie) secara dominan dan terus menerus.

Warlock berada dekat Arch Bishop untuk melakukan freeze monster dengan skillnya Jack Frost. Dengan adanya skill ini, akan membekukan seluruh monster untuk sementara waktu. Dengan begitu semua HP anggota party akan tetap aman terkendali. Kemudian Ranger tinggal menggunakan skill AS untuk kill momonnya.

Bagaimana caranya ke Scaraba Dungeon Room 1?

Cara pertama adalah quest. Untuk cara quest akan kita bahas di postingan yang berbeda.

Cara kedua adalah dengan teleport ke Eden dan membutuhkan uang yang lumayan. Sangat disarankan memiliki fitur premium agar bisa membeli fly wing dan teleport random untuk menghindari musuh. Karene monster menuju ke sana sangat agresive dan khusus karakter hitter saja yang bisa survive dan selamat tanpa menggunakan fly wing.

Bicara ke Eden Teleport Officer lalu pilih Grup Pekerja Lepas. NPC ini terdapat di kota Prontera di koordinat (125, 75) dekat penjual bunga. Gunakan /where untuk mengetahui koordinat.

Kemudian arah jam 3 bicara ke Cat Paw Agent berada di koordinat (43, 19). Nanti kamu akan di kirim ke Morroc field. Pergi ke arah kanan mentok hingga bertemu dengan NPC Cat (367, 197). Bicara padanya lalu pilih Mari kita Lakukan.

Sesampainya pada peta Celah Dimensi, jalan ke depan terus hingga bertemu NPC Cat Paw Agent. Lalu pilih Menuju dunia lain.

Kamu akan di teleport ke Kemah Ekspedisi. Kamu ke bawah, ke arah tengah pada peta pulau utama tersebut. Temukan NPC bernama Cat no. 4 yang berada di (207, 233).

Bicara dan teleport ke Manuk Field (pilih paling bawah) membutuhkan biaya 10.000 z. Setelah di teleport, kemudian cari NPC bernama Cat no. 5 yang berada tidak jauh pada tempat setelah kamu di teleport tadi. Kemudian pilih teleport ke dekat El Discastes (membutuhkan uang 20.000 z).

Dari sini kamu harus berjalan ke arah jam 8, lebih tepatnya ke koordinat (28, 79). Disitu akan ada pintu portal menuju Scaraba Dungeon room 1. Namun realitanya monster di area tersebut sangat agresiv dan jika karaktermu bukan hitter, lebih baik gunakan fly wing saja (premium user).

Sekian tutorialnya, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *