cPanel: Tidak Bisa Membuat Email, Muncul Error

 

Pada saat login ke cpanel dan mengakses Email accounts > create email accounts maka muncul pesan error. Walaupun sudah mengisi nama email yang disediakan dan password email sudah diisi dan sudah memenuhi kriteria, namun tetap saja email account tidak dapat dibuat.

Namun, jika kamu login ke ssh server cPanel tersebut dan menuju direktori /home/user/mail/domain.com/ maka kamu akan melihat folder yang sudah ada karena proses pembuatan email tadi. Jadi, pada interface cPanel email account gagal dibuat, namun pada interface ssh folder email berhasil dibuat namun isinya kosong. Secara otomatis jika proses pembuatan gagal, maka tentu saja email tersebut tidak dapat menerima pesan sama sekali. Kita harus fix dulu.

Untuk solusinya, maka kamu harus login via ssh dan menggunakan root. Lalu menuju ke home directory user, yang berarti menuju ke direktori /home/user/ . Jika kamu teliti, ternyata folder etc belum ada atau menghilang. Ada beberapa kemungkinan di sini :

  1. Folder tidak sengaja terhapus oleh client
  2. Karena mekanisme tertentu folder etc tidak otomatis terbuat

Yang bisa kita lakukan sekarang adalah membuat folder etc tersebut dan memastikan bahwa ownership folder tersebut adalah benar.

mkdir /home/user/etc
chown user.user /home/user/etc

Kemudian kamu coba membuat email account lagi. Dijamin pasti sudah bisa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *