Wise: Laporkan Pengaduan Terkait Kementerian Keuangan

Makin lama kementrian keuangan Republik Indonesia makin bertransformasi dan makin transparan. Hal ini terbukti dengan adanya sistem Wise yang beralamat di subdomain kemenkeu.

Namanya adalah Whistleblowing System, sebuah aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Keuangan bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Berarti semua lingkup dan aspek yang menyangkut dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, entah itu penyalahgunaan dana, aktivitas mencurigakan, hingga segala aspek detail yang mempunyai unsur pengaduan sebagai berikut.

Kita tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena Kementerian Keuangan akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower. Kementerian Keuangan menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus mereka kepada materi informasi yang kita Laporkan.

Unsur Pengaduan :

  • What : Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
  • Where : Dimana perbuatan tersebut dilakukan
  • When : Kapan perbuatan tersebut dilakukan
  • Who : Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
  • How : Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.)

Jangan takut untuk melapor ya guys, karena 100% data kita akan dirahasiakan dan hanya mengacu pada laporan kita saja. Tapi ingat, jangan memberikan laporan fiktif ya.

Nah, agar Kerahasiaan lebih terjaga, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jika ingin identitas Anda tetap rahasia, jangan memberitahukan/mengisikan data-data pribadi, seperti nama Anda, atau hubungan Anda dengan pelaku-pelaku.
  • Jangan memberitahukan/mengisikan data-data/informasi yang memungkinkan bagi orang lain untuk melakukan pelacakan siapa Anda.
  • Hindari orang lain mengetahui nama samaran (username), kata sandi (password) serta nomor registrasi Anda.

Dari semua poin pengaduan dan etika menjaga kerahasiaan di atas, sangat penting agar kamu mendapatkan nomor registrasi pengaduan setelah melaporkan sesuatu dan harap untuk menjaga nomor registrasi pengaduan tersebut, jangan sampai ada orang lain yang tahu kalau memang data anda ingin dijaga sangat rahasia.

Bagaimana cara saya melapor?

Silakan baca terlebih dahulu caranya melapor pada website wise. Dari situ akan dijelaskan secara terperinci bagaimana sih caranya melapor.

Jika punya masukan atau saran yang membangun, bisa laporkan juga ke tim kontak wise kementerian keuangan.

Semoga membantu dan ayo berkontribusi kepada negara atas praktik tidak legal dalam aspek kementerian keuangan republik indonesia!

Note:
Laporan pengaduan bea dan cukai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.