Sosial Media: Waspadai Jangan Termakan Berita Mentah-Mentah

Sepertinya fenomena sosial media saat ini memang sedang banyak dinikmati bagi para penggunanya. Mulai dari anak muda, orang tua, bahkan yang usianya terbilang bukan muda lagi juga kini sudah banyak yang mengakses sosial media.

Sosial media adalah suatu platform, dimana fasilitas elektronik yang dapat menggabungkan semua orang dari berdiskusi, membagikan cerita, membagikan gambar, membagikan video hingga membagikan pacar status atau opini secara terbuka. Tidak bisa dipungkiri, kekuatan sosial media sangat kuat, walau hanya sekedar opini namun dengan banyaknya jumlah like dan komentar yang beredar, secara tidak langsung dapat mempengaruhi seseorang. Gak percaya?

Walau masih berupa opini (bukan fakta), namun otak kini secara tidak langsung bisa mempercayai opini atau status orang tersebut. Karena banyaknya jumlah like dan komentar yang ada. Hal itu sudah biasa, karena secara alami otak kita akan mempercayai sesuatu yang memang belum tentu benar namun karena dengan probabilitas kemunculannya, akhirnya secara tidak sadar kita mulai menanyakan “Apakah itu benar ya?”.

Apalagi dengan budaya masyarakat kita yang kini cenderung ingin tampil beda dan ingin kece sendiri. Dengan mengetahui suatu fakta yang mungkin saja belum tentu benar dan teruji, namun dengan mudahnya langsung membeberkan di sosial media dan membenarkan opini tersebut. Alhasil dari 1 orang yang berkata A kemudian beberapa orang lainnya akan cenderung membenarkan A juga.

Bahkan dari beberapa kasus yang pernah saya temui, misal A berkata “Hati-hati di jalan X ada katanya bakal di bom, tolong share berita ini.” Kemudian secara tidak sadar, kita malah share tulisan tersebut dan membagikan kepada teman dan kerabat kita. Ironisnya, kamu bahkan belum tahu apakah berita itu benar atau tidak, namun dengan asal membagikan atau share aja kan. Nah salah satu contohnya demikian. Karena pada dasarnya, tiap orang ingin tampil beda yaitu punya informasi lebih dimana tidak dimiliki orang lain.

Untuk itu, bijaklah memasang status dan opini anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.