Mengaktifkan gzip compression di Plesk

Ketika membicarakan optimisasi, maka gzip compression adalah salah satu fungsi yang harus diaktifkan (biasanya). Karena beberapa website dan aplikasi biasanya menggunakan css yang sangat banyak dan js script yang sangat banyak, sehingga optimisasi sangat diperlukan.

Terlepas optimisasi dengan cara mengecilkan gambar juga memang diperlukan, mengingat zaman sekarang permintaan kualitas gambar semakin tinggi, sebagai gantinya ukuran file tersebut bakal membesar. Pada tutorial ini, saya akan memberikan tips bagaimana mengaktifkan gzip compression melalui Plesk control panel.

Ada yang tahu tentang Plesk? Plesk sebenarnya adalah web hosting control panel, fungsinya sangat mirip banget dengan cPanel dimana produk yang telah diketahui dan dipakai banyak orang. Dalam segi harga, Plesk lebih miring tentunya.

Oke, kita akan menambahkan bagaimana cara mengaktifkan gzip compression pada Plesk server linux.

Pertama, pastikan Plesk kamu memiliki module apache dan nginx dan terinstall. Kemudian masuk pada settingan domain, lalu masuk ke Apache & Nginx settings. Kamu scroll ke bawah, kemudian cari tulisan “Additional nginx directives“.

Kemudian masukkan kode berikut :

gzip         on;
gzip_disable "MSIE [1-6]\.(?!.*SV1)";
gzip_proxied any;
gzip_types   text/plain text/css application/x-javascript application/javascript text/xml application/xml application/xml+rss text/javascript image/x-icon image/bmp image/svg+xml;
gzip_vary    on;

Setelah itu klik OK. Dengan sekejap, settingan gzip compression telah aktif pada website kamu. Kini kamu bisa langsung test menggunakan google test insight, pasti efeknya langsung kelihatan kalau kamu punya css dan js file sangat banyak.

Kalau server kamu hanya punya versi LAMP saja, berarti tinggal disesuikan saja versi nginx confignya dengan di atas pada directive server.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *