Trend berita masa kini yang bikin kamu sebal

Pagi ini saya memeriksa beberapa video random dari youtube, kemudian salah satu dari channel video youtube tersebut (Deddy Corbuzier) me-highlight trending yang aneh akhir-akhir ini.

Ya, topik yang di highligh sama Om Deddy lewat video youtubenya yaitu berjudul: Iis Dahlia Tewas Gantung Diri. Percaya atau tidak, semua orang yang baru mendengar ini dan baru melihat berita judul ini langsung kaget dan tidak percaya. Karena yang ada di pikiran mereka adalah seorang artis yang bernama Iis Dahlia, seorang pedangdut yang kita tahu di layar kaca hingga saat ini. Tapi ternyata  kenyataannya bukan.

Jika kalian coba klik berita iklan tersebut, maka akan terlihat siapa sebenarnya Iis Dahlia yang dimaksud. Dan ternyata… yang dimaksud adalah seorang Iis Dahlia yang lain (bukan yang di layar kaca yang kita kenal saat ini). Ada dua nilai yang terkandung di sini. Nilai posifit dan negatif, kita jabarkan satu per satu ya. Ini penting karena akhir-akhir ini media elektronik dirasa terlihat aneh sekali lho.

Positif

Oke berita tersebut adalah berita duka, ya boleh untuk di kutip dan di siarkan, tidak ada yang melarang sih dan juga tidak salah memberitahu berita duka.

Negatif

Berita tersebut berisi fakta dimana di pikiran masyarakat sudah tahu siapakah orang yang diberitakan, NAMUN tempatnya rasanya tidak tepat. Apalagi ditaruh di rubrik berita yang dilihat banyak orang.

Jadi intinya adalah, banyak berita yang MEMANG adalah fakta dengan memilki kesamaan nama yang persis NAMUN tempatnya salah. Bagus kalau orang itu memverifikasi terlebih dahulu dengan membaca keseluruhan berita, tapi kalau ada orang yang langsung main broadcast ke media sosial tanpa baca isi beritanya bagaimana?

Haha. Yang pasti tidak ada yang salah, baik itu yang share atau yang mempublish. Ya, tidak ada yang salah. Namun yang lebih ditekankan adalah kita sebagai pembaca dan manusia yang cerdas harus BISA memverifikasi tiap fakta berita yang ada khususnya di media elektronik. Media elektronik seperti: Facebook, website berita, Whatsapp, Instagram, dan lainnya yang bersifat elektronik.

Tonton youtubenya Deddy Corbuzier [klik].
Link yang kita bicarakan [klik].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *