Fitur message signing pada blockchain wallet

Sudah lama tidak posting tentang hal bitcoin. Terakhir kali kita membahas bitcoin pada bulan Februari dengan topik Dimana beli Bitcoin. Kali ini kita bahas lebih detail sedikit.

Namanya adalah message signing. Fitur ini ada di semua platform Bitcoin, baik itu menggunakan Blockchain, Bitcoin QT, dan uhm… platform wallet Bitcoin lainnya yang saya kurang tahu. Pada intinya, message signing ini berfungsi untuk membuktikan bahwa anda yang memegang alamat Bitcoin tersebut dan mengklaim bahwa nilai uang yang tertera adalah milik anda.

Memang agak aneh, jika dipikir-pikir fitur ini untuk apa. Tapi dalam dunia transaksi bisnis, fitur ini sangat penting dan merupakan jalan pintas atau shortcut untuk bertransaksi secara global.

Salah satu contoh yang saya temukan pada malam ini yaitu metode withdrawal otomatis dari salah satu penyelenggara iklan dimana cara pay out-nya adalah menggunakan pembayaran via Bitcoin. Dengan kata lain, uang yang saya terima berupa Bitcoin dan terambil secara otomatis di transfer ke akun Bitcoin saya saat nilainya mencapai angka tertentu.

Karena saya menggunakan Blockchain wallet, berikut cara menggunakan message signing. Tapi mohon diingat, fitur ini baru bisa digunakan pada imported address Bitcoin.

Menuju Settings > Addresses  > Kemudian silakan scroll ke bawah. Pilih address yang tersedia.

Pilih mana yang akan di mode signing > klik More Options > Sign Message.

Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pastikan alamat Bitcoin itu sendiri adalah benar. Kemudian pastikan juga instruksi pesan yang akan di message sign. Jangan sampai kelebihan 1 karakter pun! Karena bisa tidak valid!

Sekian tutorial Blockchain bagaimana cara message signing. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *