Memperpanjang STNK & Gosok Plat nomor di SAMSAT Depok

Mungkin sebagian dari pembaca ada yang berdomisili di Depok dan masih bingung bagaimana cara memperpanjang STNK di Depok. Tapi tidak perlu bingung begitu. Karena sebenarnya caranya mudah.

Sekarang sudah enggak zaman lagi memakai calo. Mengapa? Karena prosesnya mudah dan cepat serta tidak perlu menunggu berjam-jam lamanya hanya untuk memperpanjang STNK. Ga percaya? Coba aja deh sendiri…

Di SAMSAT Depok kini sudah dibangun gedung baru. Semua layanan mulai dari perpanjangan STNK, pengurusan plat nomor, hingga balik nama dan update data semua di gedung baru. Contohnya saya yang baru saja mengurusi plat nomor baru serta perpanjangan STNK, semua berjalan lancar dan cepat.

Sesuai tema di atas, bagaimana caranya? Silakan disimak di bawah ini. Saya pisahkan per bagian ya.

Gosok Mesin & Registrasi

Pertama saat ingin mengganti plat nomor, kita jangan parkir kendaraan dulu. Tapi kita bawa kendaraan kita ke pojok kanan hingga nanti anda menemui 2-4 orang staff yang bertugas menggosok mesin dan memandu anda. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5-10 menit untuk tiap kendaraan. Jika antre ya harap sabar, tapi tidak sampai 20 menit.

Setelah kelar, anda ke tukang foto kopi dekat situ (tanya saja) lalu siapkan KTP, STNK, BPKP kendaraan ke tukang fotokopi yang letaknya 5-10 meter dari tempat gosok mesin. Lalu siapkan uang 5ribu rupiah untuk bayar semuanya.

Saat kelar foto kopi kita menuju ke ruangan dekat gosok mesin tersebut untuk menyerahkan semua berkasnya. Taruh saja di sana dan tunggu dipanggil. Saat dipanggil, siapkan uang sekitar 30ribu untuk membayar jasa registrasi gosok mesin. Saat itu anda akan diminta ke lantai 1 (di bangunan baru) lalu menuju ke loket progresif.

Registrasi di loket Progresif

Kemudian kita serahkan berkas dari loket gosok mesin tadi ke loket progresif. Tinggal taruh saja berkasnya dan pastikan BPKP motor yang asli anda pegang ya. Jangan ditaruh di berkas map!

Jika semuanya lancar, kemudian tunggu dipanggil di loket kasir untuk melakukan pembayaran. Loket kasir berada 3 meter di sebelah kanan loket progresif. Ada tulisannya juga kok. Pada fase ini anda harus pasang telinga baik-baik, karena pemanggilan menggunakan pengeras suara dan bersifat manual.

Bayar di kasir

Setelah dipanggil segera lakukan pembayaran sesuai yang tertera pada pajak kendaraan anda. Nanti anda dikasih sebuah nota yang berisi data dan informasi rincian besarnya tagihan kendaraan anda.

Setelah selesai silakan duduk lagi dan tinggal menunggu ambil STNK baru anda. Jangan duduk jauh-jauh dari pengeras suara. Pindah tempat duduk anda ke bagian paling ujung kanan (1 meter ke kanan dari kasir adalah loket penerbitan STNK).

Pasang baik-baik telinga anda, karena pengeras suara loket ini kalah suaranya dari kasir. Kita hanya menunggu 5-10 menit saja untuk mendapatkan STNK baru.

Ambil plat nomor

Setelah mendapatkan plat nomor baru, kita ke bawah (lantai dasar pada gedung yang sama) untuk mencetak plat nomor baru. Jika bingung, tanya satpam atau tanya orang lain.

Nanti ada 1 loket anda tinggal kasihkan saja STNK yang baru diterbitkan tadi ke loket percetakan plat. Kemudian duduk dan tunggu saja. Tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 5-10 menitan saja kemudian plat nomor anda sudah berhasil tercetak.

Saya tegaskan sekali lagi. Budaya lama tolong jangan dibawa kembali. Jika ada oknum yang meminta uang atau bilang seikhlasnya saja tidak perlu diberi. Karena semua uang yang kita bayarkan sudah termasuk semua layanan. Jika anda tetap memberi walau 1000 rupiah saja, berarti anda tidak mendukung sistem baru yang bebas dari pungutan liar.

Kesimpulan

Jika dijumlahkan, total waktu yang saya butuhkan untuk kendaraan bermotor sekitar 70 menit. Mulai dari parkir, gosok mesin, lalu perpanjangan STNK hingga menunggu cetak plat nomor. Berarti kalau perpanjangan STNK saja mungkin hanya 30-45 menit.

Disamping itu, perlu diingat untuk datang sekitar jam 8 pagi untuk menghindari antrean panjang. Jika datang di atas jam 10 pagi wah jangan harap bisa sebentar deh.

Semoga bisa membantu. Ingat! Jangan biasakan pungutan liar atau sogok calo! Biasakan hidup jujur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *