InstantSSL: SSL gratis dari Comodo untuk 90 hari

Mau SSL gratisan namun bukan yang murahan? Berarti anda ke topik blog yang tepat. Comodo SSL menawarkan SSL secara gratis tis tis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Yang anda butuhkan sangat simpel, yaitu kode CSR dan kode private key.

Eits, ini bukan bohongan atau penipuan. Dan juga ini bukan promo. Kalau saya tidak salah, layanan ini sudah ada sejak dulu, saya kurang ingat kapan tapi waktu itu saya masih tahun 2014 pernah menggunakan layanan ini. Sepertinya layanan ini ada lebih lama daripada saya tahu hahaha.

Perlu diingat, bahwa SSL yang diberikan secara gratis oleh Comodo hanya berlaku 90 hari sejak diterbitkan sertifikat SSL. Setelah anda mendaftar, anda akan mendapatkan .crt file dan .ca-bundle nya. Namun sebelum mendaftar, anda harus generate CSR dan private key serta tidak lupa mengisi form pendaftaran (cepat).

Langsung saja request di halaman ini, klik secara berurutan dan pastikan klik gambar Free SSL > Get Free SSL > Lalu isi (kebuka 3 halaman berbeda)

https://www.comodo.com/e-commerce/ssl-certificates/free-ssl-certificate.php

Lalu bagaimana untuk generate kode CSR dan private key? Simak command di bawah ini, hanya berlaku untuk Linux OS saja.

openssl req -new -newkey rsa:2048 -nodes -keyout yourdomain.key -out yourdomain.csr

Kemudian simpan file .csr dan file .key pada direktori anda. Kemudian isikan CSR dan KEY file pada link di atas. Selanjutnya hanya tinggal ikuti langkah-langkah yang telah di tentukan oleh website tersebut. Hanya membutuhkan waktu kira-kira 5 menitan saja.

Agak bingung dan butuh bantuan? Silakan post di komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *