Mengubah http menjadi https menggunakan .htaccess

Oke, sudah lama saya tidak update blog. Mengapa? Maaf karena akhir-akhir ini saya pulang kerja larut terus, ditambah lagi ada project sampingan yang sedang digarap bersama teman. Lalu kegiatan buka puasa ini-itu gono-gini lalala-lilili dst.

Topik kali ini agak bosan sebenarnya. Saya akan membagikan resep bagaimana sih caranya mengubah http menjadi https menggunakan .htaccess . Namun walau terkesan agak cupu (menurut sebagian orang), artikel yang begini nih yang kebanyakan dicari oleh system administrator dan web developer, haha. Percaya gak?

Apalagi mengingat platform website semantik WordPress yang kini banyak digemari dan banyak dikembangkan dari semua kalangan. Mengubah http ke https dengan cara mudah ya salah satunya menggunakan file .htaccess itu.

Perlu diingat, pastikan website anda sudah terinstall SSL terlebih dahulu. Dengan demikian, saat mengakses https bar pada web browser akan berubah menjadi warna hijau. Berarti tandanya website atau blog anda sudah support SSL.

Berikut code yang harus anda copy dan paste pada halaman web hosting anda :

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Dengan begitu, secara otomatis web server akan mengubah kondisi saat pengunjung website menggunakan protokol http ke protokol https (secure) sesuai dengan alamat URL yang dituju. Biasanya kode ini ditaruh di root folder web file anda.

Memang agak singkat, tapi semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.