Lindungi blogmu dari serangan spam comment

Setelah kemarin menulis tentang lindung wordpress dari brute force login, kini saatnya kita membahas hal yang biasanya cukup meresahkan para blogger. Tidak lain adalah spam komentar!

Istilah spam kini sudah bukan hal yang baru lagi. Malah bagi sebagian pihak spam bisa menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan dalam kegiatan marketing suatu produk. Tapi sisi lainnya jelas merugikan si pemilik blogger, karena terisi komentar yang gak jelas dan tidak relevan dengan isi postingannya. 

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan plugin bawaan dari WordPress. Plugin bawaan ini sangat di rekomendasikan, malah kalau menurut saya plugin ini paling ampuh dalam membasmi komentar spam. Namanya Akismet.

Akismet adalah salah satu plugin yang memfasilitasi filtering spam dari komentar, trackback dan auto sumbit form contact. Akismet memiliki definisi karakteristik tersendiri dalam membasmi spam. Dengan mengumpulkan sampel spam, maka Akismet dapat beradaptasi untuk membedakan mana komentar spam dan mana yang bukan.

Walaupun Akismet termasuk kategori free software, namun sepengetahuan saya, plugin paling ampuh membasmi spam pada WordPress adalah Akismet.

Untuk menggunakan fitur Akismet, daftar dahulu di website Akismet untuk mendapatkan API key. Setelah proses registrasinya selesai, kita harus mencantumkan API key tersebut pada plugin WordPress kita.

Caranya ke Dashboard > Plugins > Installed plugins > Akismet > Activate.

Dijamin, 99% komentar spam atau trackback pesan pasti bakal dihentikan oleh Akismet. Selamat mencoba! Oh ya, sebagai tambahan, Akismet plugin ini hanya tersedia pada wordpress self hosted (ngehost sendiri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.