Ransomware WannaCry dan penyebabnya

Kemarin, Indonesia di hebohkan dengan berita mengenai ransomware. Tipe ransomware ini berjenis WannaCry. Ransomware ini menyebabkan komputer atau laptop anda tidak dapat diakses.

Mengapa tidak dapat diakses? Karena komputer kita telah di enkripsi dengan kode tertentu, menyebabkan kita sebagai pengguna tidak dapat mengakses file-file tersebut. File tersebut menjadi bentuk file aneh dan tidak dapat diakses sama sekali. Untuk mengaksesnya, kita membutuhkan kode dekripsi. Nah, kode dekripsi tersebut yang didapat dengan cara membayar ke si pembuat ransomware.

Intinya, ransomware adalah cara pemerasan. Mengapa? Karena kita yang menjadi korban tentu membutuhkan “kunci” yang berguna untuk membuka kode enkripsi tersebut. Enkripsi adalah keadaan dimana file yang kamu punya berubah menjadi kode acak dengan suatu susunan rumus tertentu.

Sudah jelas, segala jenis ransomware sangat merugikan korban. Karena jujur saja sih, pun setelah kamu memberi uang pada mereka dan membayarkan uang ke rekening tujuan mereka, tidak akan deh dikasih kode dekripsinya. Karena si pembuat ransomware hanya memeras anda.

Pencegahan Ransomware

Cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah ransomware sebenarnya cukup mudah.

  • Pastikan membeli sistem operasi windows asli
  • Selalu update windows anda secara berkala
  • Selalu update windows defender anda secara berkala
  • Jangan install aplikasi aneh dan macam-macam

Ya intinya seperti poin yang ada di atas. Jika anda bertanya bagaimana cara mengobatinya, jujur saja. Tidak ada.

Jika mau lebih aman, sebaiknya anda menggunakan sistem operasi linux atau mac dimana secara garis besar terbebas dari virus dan ransomware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.