Alternatif winscp di linux debian

Saat malam hari dan hujan deras gini, berarti enaknya membicarakan sedikit berbau linux. Kali ini kita akan menggunakan jurus mempermudah hidup lainnya yang ada pada linux.

Seperti yang pernah kalian tahu, winscp adalah tool yang sangat hebat dan sangat simpel untuk konek ke server lewat ssh / ftp / sftp dengan disediakannya interface graphical / GUI. Memang benar, tidak ada tool yang sama persis pada linux yang fungsinya sama mirip persis dengan winscp di windows. Namun paling tidak, ada yang hampir menyamai.

Karena saya memakai debian 8 saat ini, memperkenalkan Nautilus. Nautilus adalah tool bawaan dari debian yang sinonimnya adalah file manager. Ya, dengan kata lain kita dapat menyamai fungsi dari winscp windows itu sendiri menggunakan file manager bawaan dari si debian. Caranya bagaimana?

Pertama, silakan buka file manager kamu terlebih dahulu. Caranya Activities > File Manager

Kemudian klik pada menu garis 3 horizontal > enter location > masukkan alamat server atau ssh nya. Sebagai contoh : sftp://root@server.anda:22/

Dengan demikian, maka secara default dia akan masuk ke ssh server anda lewaat port 22 (port default ssh). Dalam file manager, ssh sama juga di definisikan sebagai sftp atau secure ftp. Kemudian akan keluar beberapa folder. Tinggal kita navigasikan saja mau ke folder mana.

Dengan begini, fungsinya hampir mirip bukan dengan winscp di windows?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *