Penghasilan Youtuber menurun! Youtuber terancam punah?

Mengutip dari salah satu youtuber terkenal di Indonesia, Tara Arts Game Indonesia, mengatakan pekan ini adalah musibah dan malapetaka bagi para youtuber. Mereka mengatakan, penghasilannya kini sudah berkurang drastis.

Dari hasil unggahan video youtuber tanggal 7 April 2017 dengan judul “TAG BLAST – XBOX SCORPIO Konsol TERKUAT!! Youtuber Terancam Punah?”, kakak beradik itu menceritakan keluh kesahnya pada pihak youtube setelah memberikan informasi terkini dalam segmen Tag Blast mereka.

Menurut sepasang kakak beradik ini, rata-rata video yang telah mereka upload dengan jumlah penonton berjumlah kisaran 100.000 bisa menghasilkan antara 50-100 USD (dolar amerika). Namun sekarang, dengan kisaran 90.000 hingga 100.000 penonton, mereka hanya mendapatkan sekitar 2 USD saja (setara 20ribuan rupiah). Dengan jarak pendapatan yang sangat besar ini mereka mengklaim dapat merusak komunitas kemakmuran youtuber yang sedang naik daun ini. Terlepas dari itu semua, bagi seorang youtuber memerlukan modal berupa biaya internet, kehidupan sehari-hari, upgrade peralatan, properti, membeli kaset game, dsb.

Menurut TAG sendiri pekan ini termasuk masa-masa krismon (krisis moneter) bagi para youtuber. Karena tidak hanya terjadi pada youtuber indonesia saja, namun juga youtuber luar negri. Menurut mereka, jika ke depannya begini terus bisa saja para youtuber bakal pensi karena kebijikan youtube yang baru ini.

Fakta menarik dibalik dari fenomena ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Perusahaan besar memboikot youtube karena ada konten yang dirasa mengusik dan terlebih bersifat sara dan rasist.
  • Banyak konten sara dan rasist yang membuat advertiser menarik minat mereka.
  • Youtube kecolongan iklan terhadap video youtube dengan konten sensitif.
  • dan ada lagi lainya.

Sejauh itu hanya 3 faktor itu saja yang berkeliaran dan yang saya temukan. Bahkan jika saya lihat dari sumber berita lainnya (suratkabar), dikatakan youtube akan lebih selektif lagi memindai iklan yang akan ditayangkan dan mereka akan merevolusi terhadap sistem periklanan mereka lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *