Install DNSCrypt pada Ubuntu 16

Sudah lama tidak posting tentang Linux, kali ini akan memposting bagaimana caranya menginstall DNSCrypt. Seperti yang kalian tahu, bahwa zaman sekarang privasi sangat penting dan bukan urusan yang dianggap sebelah mata (kalau menurut saya).

Oleh karena itu walaupun kita menggunakan internet hotspot atau internet di rumah, bukan berarti sudah aman sepenuhnya. Ya mana kita tahu kalau di tengah jalan ada pihak ke tiga yang memonitoring kita, sehingga privasi jadi bochor.

Solusinya? Selain menggunakan VPN, alternatif lainnya adalah DNSCrypt.

Saat ini saya menggunakan Linux Ubuntu 16.10 + LXDE (Lubuntu) untuk memasang DNSCrypt.

Pada versi Ubuntu ini saya memakai 2 komponen. Pertama menggunakan DNSCrypt-loader dan kedua menggunakan DNSCrypt-proxy. Jadi untuk memasang DNSCrypt-loader, kita cek pada websitenya.

Download zipnya, lalu run executor sesuai dengan distro anda. Karena saya ubuntu, maka saya pilih install-loader-debian pada instalasi folder DNSCrypt-loader-master yang sudah kita download.

sudo ./install-loader-debian

Eh tapi tunggu dulu. Sebelum eksekusi command di atas, kita install dulu dnscrypt-proxy ya. Silakan cancel dulu atau ctrl + C.

sudo apt-get install dnscrypt-proxy

Sebagai catatan, wajib untuk memasang dnscrypt-proxy jika ingin memasang dnscrypt-loader pada sistem kita. Setelah terpasang, kita eksekusi loader debian lagi.

sudo dnscrypt-loader

Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan. Pilih 1 untuk memasang dnscrypt pada sistem. Agak lama loading (seperti hang begitu) kemudian akan ada notifikasi kalau sudah terpasang. Kemudian pastikan enable dnscrypt-loader pada saat boot time (pada saat pc atau laptop startup).

Kemudian eksekusi command :

sudo dnscrypt-loader

Sebagai catatan, ada kemungkinan saat mengeksekusi dnscrypt-loader kamu mendapati notifikasi, karena file config tidak sama antara target path dnscrypt-proxy dengan path folder dnscrypt-loader. Tinggal edit saja.

Sebagai catatan, bahkan anda bisa mengubah primary resolver dan secondary resolver untuk digunakan sebagai DNS resolver kita. Ada baiknya merubah saat proses instalasi ini. Jangan memilih DNS resolver yang ada tanda tulisan down. Kalau saya sih memilih dnscrypt yang berada di France.

Kemudian kita cek, apakah koneksi kita sudah terenkripsi atau belum. Caranya bagaimana? Cek di bawah ini :

dig txt debug.opendns.com +short

Maka muncul gambar di bawah :

Perhatikan tulisan “dnscrypt enabled” pada gambar di atas. Berarti tandanya kita sudah berhasil memasang dnscrypt dan koneksi query DNS kita akan di encrypt. Dengan demikian, kita bisa langsung mengakses alamat apapun tanpa takut disadap atau bocornya informasi di tengah jalan.

Semoga bermanfaat. Jika menemui masalah bisa posting di komentar atatu email saya (alamat email di halaman about me) dan nanti saya coba bantu. Biasanya saya respon komentar / email kurang dari 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.