IP mail server di block oleh cblabuseat

Frustasi karena ip mail server anda terblokir dan muncul bounce back message berupa gagal mengirim ke penerima email? Kalau iya, silakan merapat…

Kebanyakan dari kita pastinya sempat kebingungan ketika ingin mengirim pesan dari mail server sendiri (bukan google/yahoo) ke tempat pengirim, kemudian saat terkirim malah mendapatkan pesan seperti di bawah ini:

This IP address is HELO’ing as “localhost.localdomain” which violates the relevant standards (specifically: RFC5321).

Jika memang iya, berarti ada yang salah dengan mail server milik anda. Bisa dipastikan orang yang memasangnya pertama kali lupa merubah beberapa parameter penting yang ada. Jika anda adalah end user, maka bisa eskalasikan masalah ini ke system Administrator perusahaan anda.

Nah, untuk penanganannya bisa cek di website berikut untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi => http://www.abuseat.org/helocheck.html

Masalahnya sebenarnya sangat simpel. Yaitu mail server anda di konfigurasi tidak tepat. Dan perlu di cek juga untuk melihat konfigurasi banner message pada mail server anda. Jika menggunakan Qmail atau Plesk panel bisa mengedit /var/qmail/control/me dan memasukkan FQDN anda.

FQDN berarti sebuah nama domain atau subdomain yang ter-resolve ke IP mail server anda berada. Sebagai contoh: mail.serverku.com. Namun subdomain mail.serverku.com mengarah juga ke mail server anda berada. Jangan lupa restart mail server processnya.

Jika sudah, bisa mencoba lagi beberapa saat lagi apakah sudah bisa mengirim email ke penerima. Seharusnya sih sudah bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *