Install ubuntu GUI dari ubuntu server (dari SSH)

Tips kali ini kita akan membahas bagaimana menginstall ubuntu server GUI (graphic unit interface) yang akan kita gunakan. Sebelumnya saya mempunyai ubuntu server (hanya console hitam saja) dan tidak ada grafik2nya.

Mengapa harus ubuntu? Yah sebenarnya itu balik lagi ke pilihan personal saja sih. Saya pilih ubuntu karena kebetulan lagi pengin menulis tutorial tentang ubuntu aja sih 😛 Kalau seandainya situ mau pakai distribusion yang lain boleh aja kok, monggo silakan. Nah, untuk memasang versi GUI (dari versi ubuntu server tok) diperlukan beberapa package tertentu yang harus kita install melalui console ssh menggunakan root. Pastikan kamu memiliki akses ssh root ya.

Disini saya pilih versi ubuntu 16 server minimal install. Mengapa? Ada beberapa alasan tertentu di sini nih, ini dia :

  • saya maunya ubuntu 16
  • di solusvm panel saya paling akhir tersedia versi 16 :p

Oke, sekarang kita masuk ke ssh server kamu. Caranya gimana? Hm, saya asumsikan kalian sudah bisa masuk ke server menggunakan root atau punya akses root user ya (sudo).

Ada beberapa versi ubuntu GUI atau versi desktopnya :

  • versi GNOME
  • versi KDE
  • versi XFCE
  • versi LXDE
  • versi Openbox
  • versi Gnome classic

Karena saya hanya memiliki ram 1 GB doang, oleh karena itu saya ambil yang versi ringan saja GUInya, yaitu XFCE. Kurang lebih sama, tapi agak terlihat jadhul saja kok.

Install XFCE

apt-get update
apt-get install xfce4

setelah proses instalasi selesai kira-kira 5 menitan, kemudian kita reboot.

reboot

Kemudian masuk lagi dan run xfce4-nya, namun buat dulu screen untuk running xfce4-nya.

screen -S screen_1
startxfce4

Bakal ada error setelah kamu run command interface xfce4. Menurut salah satu forum tetangga, bisa kita diamkan saja errornya. Untuk mengeliminasi errornya, buatkan saja folder yang errornya muncul.

Kemudian kita exit screen tersebut dengan menggunakan shortkey keyboard : ctrl a + d (pencet ctrl lalu tekan a kemudian tekan d).

Setelah itu kita install xRDP. Aplikasi ini berfungsi untuk menyambungkan kita (dari windows RDP) ke server ubuntu yang sudah kita sedang pasang sekarang. Caranya bagaimana?

apt-get install xrdp

Kita modifikasi sessionnya.

echo xfce4-session >~/.xsession

Kita edit session yang barusan kita modifikasi. Bisa pakai text editor nano / vi / pico / vim. Terserah.

nano /etc/xrdp/startwm.sh

Pada bagian ini, perhatikan baris paling bawah (terakhir). Akan terlihat seperti ini:

. /etc/X11/Xsession

Nah pada baris paling bawah, pada awal barisnya kamu beri tanda pagar # menjadi seperti ini :

#. /etc/X11/Xsession

Kemudian di atasnya (beri <enter> 2 kali) kamu tambahkan syntax di bawah ini. Intinya sih, kita gantikan baris paling akhir menjadi syntax di bawah ini :

startxfce4

Setelah itu kita start deh xrdp yang barusan kita pasang.

service xrdp restart

Untuk mengetesnya, kamu bisa menggunakan Windows Remote Desktop yang ada pada desktop Windows kamu dan konek langsung ke server  yang barusan kita pasangkan xrdp dan xfce4.

Karena saya hanya punya user root, berarti saat ditanyakan login username dan password saya memasukkan username root dan password adalah root password saya.

Hasilnya akan seperti ini:

Nah, kan masih belum ada browser tuh, yasudah kita install dulu firefox misalnya.

apt-get install firefox

Kemudian kita cek speed test :

 

Speednya lumayan sih, untuk download speed sekitar 68 Mbps dan upload sekitar 55 Mbps. Tidak terlalu besar, namun untuk skala pemakaian saya pribadi sudah cukup. Lain halnya jika server kamu menggunakan gigabit ethernet. Mungkin lebih dari 100 Mbps deh.

Karena tidak ada driver vga, jadi jangan harap grafiknya bakal mulus sekali. Yah paling tidak ada patah-patah sedikit. Tidak direkomendasikan untuk production atau working space.

Sekian tutorial tentang Install ubuntu GUI dari ubuntu server (dari SSH) Semoga bermanfaat dan gratis untuk dibagikan. Jangan lupa follow komen dan share ke fb/blog kamu. Kebingungan caranya? Komentar di bawah atau email saya (lihat halaman about me di atas kanan).

Atau kamu mau server murah meriah dengan RAM 1 GB dan 30 GB HDD dengan kecepatan di atas? Bisa langsung cekidot ke lapak encorehost kok. Minimal ram 512 MB ya kalau mau ada GUI nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *