Net2ftp: File Manager online

Setelah lama enggak nulis tentang tools-tools bermanfaat, sekarang balik lagi kita posting tentang hal berbau tools online. Namanya Net2ftp. Adalah sebuah tools internet yang berguna sebagai file manager berbasis online.

Sebenarnya fungsinya sama dengan file manager yang ada pada fitur cpanel, namun lebih ke arah web based. Selain itu juga, net2ftp memungkinkan kita untuk terkoneksi langsung pada remote server. Berarti pengertiannya kita akses file manager di host A lalu ingin menyambungkan koneksi FTP pada remote server (host B) server yang berbeda. Oh ya, tools ini open source dan juga gratis!

Untuk bisa menggunakan fitur net2ftp, kamu bisa konek langsung ke website developernya dan menggunakan fasilitas mereka. Websitenya bisa diakses lewat URL di bawah ini :

http://www.net2ftp.com/index.php

Sedangkan jika ingin memasang pada host sendiri juga bisa kok. Tinggal download saja dari website net2ftp dan pilih 2 tipe instalasi. Saat ini ada 2 tipe, yakni fitur full atau versi lengkap disertai dengan plugin dan yang kedua ada fitur sederhana atau light yang tidak disertai dengan plugin. Namun pada intinya sama kok bisa transfer file lewat FTP.

Sedikit catatan saja, untuk versi light tidak terlalu menggunakan resource yang tinggi. Namun beda ceritanya dengan versi full. Ada beberapa plugin seperti extract, zip, dll. Mode uploadnya pun lebih dari satu macam. Jadi tidak heran, saat ingin mengeksekusi dibutuhkan resource yang lebih banyak dari pada versi light.

Sebagai contoh net2ftp yang sudah saya pasang di server sendiri bisa diakses pada URL di bawah ini :

http://encore.pw/fm/

Untuk settingan default, net2ftp tidak menggunakan mysql database. Hanya menggunakan plain text settings. Maksimum file yang bisa diakses / diupload atau digunakan pada file manager ini adalah 10 MB saja.

Serasa ada yang kurang dan ingin menambahkan? Silakan komen di bawah. Tq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *