Set waktu pada Linux via terminal bagian 2

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel saya yang sebelumnya yaitu tentang Set waktu pada Linux menggunakan terminal. Nah, sekarang bagian keduanya nih guys.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas bagaimana merubah date time / waktu pada linux menggunakan command timedatectl, sekarang kita akan menggunakan metode yang agak jadul dan hmm… rasanya terkesan lebih manual banget gitu. Metode ini biasanya cocok untuk anda penggemar server seri VPS dan dengan menggunakan Centos pada Openvz.

Untuk server dengan distro centos, kalau kita mengetik kata date pada console, ssh atau putty maka secara langsung akan menampilkan waktu pada direktori /etc/localtime.

Untuk mengubah timezone tersebut, kita hanya perlu merubah file tersebut dan mengambil file zone time yang kita inginkan. Sebagai contoh time zone server saya tadinya UTC +1 lalu mau saya ganti ke +7, berarti ada penambahan sekitar 6 jam dari current zone time bukan?

Nah, pertama kita ubah nama filenya dulu ke apa aja lah. Ingat ya, pakai akses root.

mv /etc/localtime /etc/localtime.bak

Kemudian kita buat symlink sesuai timezone kita dari direktori timezone

ln -s /usr/share/zoneinfo/Asia/Jakarta  /etc/localtime

Nah, dengan begitu ketika kita mengetik dengan command date pada putty atau ssh maka akan muncul time zone Jakarta deh. Mudah ‘kan? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.