Install Owncloud bermasalah: Please install one of theses locales on your system and restart your webserver

Beberapa menit yang lalu saya mencoba memasang Owncloud, yaitu sebuah platform berbagi sekaligus media penyimpanan berbasis open source. Walaupun gratisan, namun bisa dikatakan web aplikasi ini bisa dihandalkan. Bahkan sudah hampir 2 tahun data saya disimpan menggunakan platform Owncloud.

Sekedar berbagi saja. Pastikan untuk tidak memasang Owncloud dan mengisi data-data penting pada shared hosting. Karena sangat riskan sekali! Pastikan punya orang IT atau kenalan sys admin untuk memandu kamu!

Instalasinya cukup mudah, ada beberapa cara namun saya pribadi lebih suka menggunakan 1 click script install. Informasi lebih detail tentang cara instalasinya, bisa mengunjungi halaman instalasi Owncloud, kemudian pilih Web Installer.

Karena saya memasangnya di VPS (Virtual Private Server), maka lebih memilih web installer (lebih hemat waktu). Pertama kali install, bisa memilih 2 tipe database. Pertama ada SQLi dan kedua ada MySQL atau MariaDB. Untuk penggunaan pribadi dan file-file relatif sedikit, maka SQLi pilihannya. Nah kalau file-file banyak dan user relatif banyak, disarankan menggunakan MySQL atau MariaDB.

Singkat kata, setelah terinstall akan ditanyakan pembuatan username dan password untuk pertama kalinya. Kemudian ada pesan error seperti ini:

Please install one of theses locales on your system and restart your webserver.

Beberapa dari kalian, tulisannya akan berbahasa Indonesia. Ini karena saya menggunakan locale EN_US, makanya bahasa inggris.

Masalah tersebut diakibatkan karena locale language pada server kita belum terinstall atau belum di setting. Kita harus akses ke server menggunakan putty dan melakukan beberapa tweaking (utak atik).

Pertama kita cek locale kita (ada 2 cara).

locale
bash-4.1# locale -a
C
POSIX

Biasanya akan muncul tulisan POSIX dan beberapa dengan highlight huruf “C” seperti di atas. Jika browsing pada forum ubuntu, mudahnya hanya menggunakan locale-gen. Namun sayangnya fitur locale-gen tidak ada di CentOS. Kita bisa menggunakan localedef.

localedef -v -c -i en_US -f UTF-8 en_US.UTF-8

Dengan demikian kita akan mendefine settingan locale language untuk server kita. Prosesnya cukup lama hingga 1-3 menitan. Tunggu saja, atau sambi dengerin musik atau youtuban juga boleh.

Jika setelah selesai, kita cek lagi dengan menggunakan perintah locale -a. Jika masih mengeluarkan output POSIX dan embel-embel C, lalu kita reinstall saja glibc-common.

yum reinstall glibc-common

Kemudian coba lagi locale -a. Pastikan hasilnya sudah ada banyak locale language terdaftar ketika command tersebut di eksekusi.

Jika sudah, kita kembali lagi ke halaman instalasi Owncloud kamu. Kemudian klik refresh pada halaman instalasi Owncloud. Lalu instalasi Owncloud akan dilanjutkan…

Semoga berhasil & beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.