Net+ menghentikan layanan Master Card di Indonesia

Yak, kali ini kita akan membahas berita buruk perihal layanan prepaid card atau kartu prepaid Master Card milik Neteller atau Net+. Percaya atau tidak percaya tapi itu beneran.

Seperti yang kalian tahu, Neteller adalah alternative pembayaran online dan salah satu vendor yang menyediakan kartu kredit berlisensi Master Card dimana dapat digunakan hampir di seluruh dunia. Nah saya sendiri menggunakan kartu Neteller ini sebagai authentikasi dan metode pembayaran Paypal dan beberapa gateway payment lainnya. Bahkan kamu bisa pakai buat order barang sekalipun di luar negeri.

Kalau tidak salah ada salah satu postingan saya yang berisi review atau ulasan sekilas tentang neteller berjudul Request kartu fisik atau vcc pada Neteller. Artikel yang saya tulis Juli 2016 lalu itu sebenarnya bukan berarti saya buatnya pada bulan tersebut. Melainkan dulu itu blog saya ke deface karena suatu alasan tertentu dan semua arsip hilang, beberapa artikel yang menurut saya penting akhirnya saya post kembali.

Jadi, per tanggal 25 November 2016 Neteller sudah menghentikan layanan Master Card maupun virtual card-nya pada sebagian besar negara-negara sekitar. Alasan? Tidak lain karena kebijakan perusahaan Neteller sendiri. Akibat dari kebijakan ini sudah pasti transaksi kartu fisik maupun kartu virtual tidak akan bisa dilakukan dan akan tertulis sebagai declined.

Setelah bertanya pada layanan facebooknya, salah satu staff membalas seperti ini :

Please be advised that the Net+ product has been disabled for your country as a result of a recetly made business dacision and we regret if we are causing any inconveniences.
We would advise you to review the alternative withdrawal options that you have in the Money Out section in your account. ^ AI

Dengan begitu, sudah jelas untuk saat ini dan dalam jangka waktu yang belum ditentukan akses Neteller kartu fisik atau virtual di non-aktifkan. Nah, menanggapi balasan staff Neteller yang demikian itu, saya mulai mencari alasan logisnya mengapa demikian dan apakah berdampak secara permanen?

Ternyata rahasianya adalah layanan tersebut sepertinya permanen dan penonaktifkan Master Card dan virtual Neteller berlaku untuk negara non SEPA saja. Apa itu SEPA? Secara singkat SEPA terdiri dari beberapa negara (banyak) yang berada di Eropa. SEPA kepanjangan dari Single Euro Payments Area. Uhm, penjelasan artikelnya agak panjang mungkin bisa kamu baca pada link ini.

Alternatif? Ya saya saat ini sedang dalam proses pengajuan Master Card plastic dan virtual ke ecoPayz. Kalau saya lihat ketentuan program dan penawarannya, bisa dijadikan alternatif. Namun kita harus bayar tiap bulan untuk kartu fisiknya, berbeda dengan neteller yang kita bayar per tahunnya. Untuk topup ecoPayz saya sudah coba bisa menggunakan debit card di indonesia yang memiliki fitur VbV (Verified by Visa). Dalam hal ini saya sudah coba menggunakan debit Mandiri dengan fee 2,90% , belum tahu deh yang lain.

Karena persyaratannya agak sulit, karena minimal harus ada ini :

  1. KTP (ID Card) / Passport
  2. Utility bill
  3. Bank Statement
  4. Certificate residence (tidak wajib)

Bank Statement

Nah dari ketiga persayaratan utama di atas, yang paling sulit adalah Bank statement. Bank statement itu berupa suatu laporan tertulis bank yang bertuliskan atas nama bank tersebut dengan berita acaranya maupun tanda tertulis apapun yang menginformasikan bahwa kita sebagai sebagai nasabah bank tersebut dan terdapat nama lengkap kita, alamat kita, dsb termasuk tanggal cetak berita acara tersebut. Nah, contoh dari bank statement salah satunya adalah buku tabungan.

Karena ecoPayz minta 3 bulan terakhir, berarti mau tidak mau kita harus ke bank masing-masing dan minta buku tabungan baru, entah bagaimanapun caranya yang penting 3 bulan terakhir.

Utility Bill

Beda dengan bank statement, utility bill adalah suatu bentuk tagihan rutin yang kita bayarkan ke swasta atau pemerintah namun terdapat nama lengkap dan alamat kita pada pembayaran tersebut. Utility bill bisa sebagai berikut :

  • Pembayaran listrik
  • Pembayaran air (PAM)
  • Pembayaran layanan internet
  • Pembayaran STNK
  • dsb

Yang penting ada nama lengkap dan alamat kamu yang tercantum dan harus sama persis dengan alamat yang kamu input pada ecoPayz sewaktu mendaftar.

Nah, semua harus di scan dengan kualitas high atau dengan format PDF juga boleh.

Oke sekian informasinya, semoga bermanfaat ya. Jika ada kesulitan dan pertanyaan bisa komen langsug kok, dalam 24 jam pasti saya balas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.