Listrik PLN anda mati? PLN cepat tanggap lewat ini

Selamat pagi semua. Yak, sekarang sudah jam 3.28 AM SGT alias 2.28 WIB dini hari. Selagi bengong jaga lilin di kantor, saya akan memberitahu tips sedikit untuk kalian yang belum tahu.

Sudah menjadi hal yang biasa kalau listrik negara kita PLN terkadang mati nyala dalam beberapa hari yang relatif berdekatan. Jika anda bertanya dengan saya apa penyebabnya, jujur saja ya saya tidak tahu pasti. Namun menurut staff PLN di twitter mengatakan pastinya ada gangguan listrik bermuatan berapa dan pastinya sedang dalam tahap penanganan. Yah paling tidak ada update biar kita enggak kepo kenapa ini mati listrik.

Jika anda berpikir layanan PLN antara dulu dan sekarang sama, maka anda salah besar. Layanan PLN kini lebih bagus menurut saya apalagi dari tahun ke tahun. Terbukti yang dulu hanya melayani layanan telepon yang sering sekali susah di hubungi dan memotong banyak dana, kini kita bisa langsung menghubungi lewat twitter dan email.

Zaman semakin modern, begitu juga dengan teknologi untuk badan usaha milikĀ pemerintah ini. Sebagai contoh, kita bisa berinteraksi langsung dengan staff PLN dengan mem-follow twitter mereka di @pln_123 lalu silakan tinggal anda mention dan tanyakan langsung saja. Namun ingat, karena ini publik, jangan membuka data diri seperti no hape atau data pribadi lainnya.

Untuk mengirimkan keluhan melalui PLN, kita disarankan melalui email guys. Mengapa email? Selain aman dan terstruktur, kita dapat melacak masalah kita lebih mudah ketimbang melihat arsip berantakan pada sosmed atau sms contohnya. Ya, PLN kini peduli dengan data pribadi para pelanggan setia PLN. Mau aman? Salah satunya lewat email.

Jika listrik anda mati dan bukan karena korslet atau listrik anda turun, maka silakan kirim email keĀ pln123[at]pln.co.id dimana [at] anda ganti dengan @ ya. Kirimkan subjek dengan nama anda, kemudian isi email berisi data sebagai berikut :

  • Nama pelapor (nama anda)
  • Nomor pelanggan PLN terlapor
  • Alamat lengkap rumah, termasuk RT dan RW dan kodepos
  • Keluhan anda

Biasanya kurang dari 3 jam email anda akan dibalas oleh staff PLN dan akan diberitahukan informasi terkini terkait laporan anda. Yap, untuk skala nasional 3 jam adalah waktu yang cukup cepat.

Saya sendiri sudah beberapa kali mencoba fitur PLN ini dan hasilnya cukup memuaskan. Paling tidak ada status terkini dan pelanggan dapat meminta status informasi yang up to date lewat email.

Jadi untuk ke depannya, komunikasi yang lebih cepat, efisien dan juga murah, saya selalu rekomendasikan lewat email saja ^^ Jadi berpikir efisien dan open minded aja XD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *