Perlukah memasang Antivirus pada komputer Windows?

Topik kali ini kita akan membahas perlu atau tidaknya untuk memasang Antivirus pada komputer berbasis Windows kita. Untuk memperkecil ruang lingkup bahasan, kita hanya akan membahas Windows versi 8 ke atas saja.

Banyak yang mengatakan keamanan adalah segalanya bagi yang komputer spesifikasinya tinggi (high) biasanya tidak masalah dengan pemasangan Antivirus. Namun bagi yang komputer skala menengah dan ke bawah, biasanya memikirkan dan memilih tipe Antivirus yang enteng menurut mereka. Seperti Antivirus portable. Yuk kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

 

Sebenarnya memasang proteksi tambahan pada komputer kita sah sah saja dan TIDAK ADA yang melarang. Masalahnya adalah apakah komputer atau laptop kita mampu bekerja dengan optimal ketika Antivirus tersebut bekerja atau sedang beraksi? Jawabannya kembali lagi ke spesifikasi komputer atau laptop yang kita punya bukan? Yak benar sekali.

Percayakah anda kalau sebenarnya kita TIDAK PERLU menginstall embel-embel Antivirus pada komputer atau laptop kita? Yap, selama sistem operasi anda menggunakan original (asli) dan selalu up to date serta terhubung ke internet tentunya. Kalau anda perhatikan, windows mempunyai fitur Antimalware yang disebut Windows Defender.

Adalah sebuah aplikasi rancangan windows yang dibuat 1 paket dengan sistem operasi windows dan berfungsi sebagai pelindung windows. Mungkin anda pernah mendengar orang-orang yang mengatakan, kalau menggunakan windows asli lebih kuat terhadap virus. Yap, windows original mempunyai sistem keamanan dari virus dan serangan lainnya yang akan menyerang komputer anda. Bedanya dengan windows palsu, sistem windows defender biasanya selalu di non aktifkan secara default karena jika diaktifkan maka akan mendeteksi software palsu dan crackannya. Kalau terdeteksi ya crackannya jadi enggak berfungsi dong. Oleh karena itu windows palsu selalu rentan terhadap serangan virus dan trojan.

Sangat diperhatikan untuk membeli windows asli dan selalu up to date terhubung ke internet. Apalagi windows update, kalau saya prioritas di kantor selalu update yang critical dulu. Lalu selalu update windows defender ketika sistem menyuruh untuk mengupdatenya. Dengan demikian, komputer anda akan terlindungi 100% dari virus.

Laptop di kantor sudah hampir 2 tahun tidak menggunakan Antivirus apa-apa dan saya gunakan untuk berseluncur, download aplikasi macam-macam hingga colok cabut flash disk orang hingga kini tidak menemui masalah. Yap, itu faktanya.

Jadi, kalau mau aman dan tidak repot dalam jangka panjang saya sarankan beralih ke original yah ^^ . Banyak kok yang harganya miring untuk versi windowsnya. Tapi hati-hati juga jangan sampai kena tipu ya. Jadilah pembeli yang bijak dan cermat.

Fakta mengatakan, menggunakan Antivirus lebih berat dibandingkan versi Windows Defender. Mengapa? Karena Antivirus tiap harinya bertambah virus definition yang berfungsi menganalisa dan proteksi dini pada sistem komputer anda. Setelah sekian lama PASTI bakal lemot dan seiring banyaknya file anda, pasti bakal lemot. Kecuali anda punya komputer dengan spesifikasi yang oke (di atas rata-rata), saya rasa enggak bakal lemot. Namun Windows Defender tidak. Walau jarang update (beberapa hari sekali saja biasanya), namun kalau ada bahaya dia akan memberitahu kita langsung dan membuat kita terlindungi.

Sebenarnya anda bebas memilih mana yang lebih enak untuk anda. Pada akhirnya pilihan tetap berada di tangan anda sebagai konsumen dan pemakai ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *